Tanah Datar-sumateraline. Com (10/06-2022) 

Ketua tim TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi bersama sekretaris dan rombongan yang terdiri dari Pokja satu Pokja dua, Pokja tiga, Pokja Empat, tim penilai dari OPD yang akan menilai kegiatan kelompok PKK di Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar pada Jum'at (10/06) 

Disambutannya
Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MH, 
mengucapkan selamat datang kepada tim penilai TP PKK Provinsi yang di pimpin lansung oleh Umi Ny. Harneli Mahyeldi telah hadir di nagari Pagaruyung. Saya atas nama kepala daerah mewakili masyarakat mengucapakan selamat datang di penilaian PKK, walau pun rencana beliau pagi ini mau berangkat ke Batam akan tetapi beliau sempatkan juga untuk hadir di Pagaruyung untuk menilai program PKK ini. 

Kami berharap kepada tim penilai PKK Provinsi Jorong Kapua Nagari Pagaruyung, dengan kedatangan umi bersama tim bisa hendaknya menjadi motifasi bagi PKK di seluruh Kabupaten Tanah Datar, karena beliau tidak kali ini saja berkunjung ke Tanah Datar setiap kegiatan beliau selalu hadir disini. 

Tentunya suatu kebanggaan bagi kita, walaupun sekarang kita melihat tim penilai yang datang hari ini banyak wajah2 baru, tapi kita yakin tim penilai bekerja dengan profesional di bawah arahan umi dalam menentukan.
Kerena kita sudah mempersiapkan sedemikian rupa, mudah-mudahan ini sudah yang terbaik. 
Pagaruyung di kenal dengan objek wisatanya, dengan kedatangan umi wisata dan Pokdarwis bisa mengembangkan ide-ide untuk wisata berkunjung kesini ini, saya melihat ada beberapa hal yang menarik di Pagaruyung diantara nya.

Pertama melaksanakan pengolahan data PKK sampai ke Dasawisma melalui sistem informasi Administrasi pendataan atau siap PKK. 
Kedua melakukan tertib administrasi pendudukan khususnya kartu indetitas anak sekolah, dimana setiap anak sekolah di Pagaruyung telah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) rumah Konsul tasi di nagari Pagarutung dalam mempromosikan Produk, dan pemanfaatan limbah organik untuk tanaman bunga buah  sayur, serta bank sampah, satu rumah satu kolam, dan mengajak masyarakat untuk berhenti merokok mengurangi asap rokok.

Masih banyak lagi inovasi yang dilakukan oleh tim penggerak PKK bersama keder-kadernya di Pagaruyung kususnya di Tanah Datar. Selain itu kegiatan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)  juga sudah menggeliat,  antara lain pemasaran produk UP2K dengan sistem online berbagai rasa, bekerja sama dengan kelompok sadar wisata dalam promosi produk-produk UP2K. 

"Besar harapan saya untuk masa yang akan datang PKK mampu tumbuh sebagai sebuah gerakan dan lebih berperan lagi menjadi ujung tombak dalam melaksakan Program- program pemerintah. Saya ucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh tim penggerak PKK karena persiapanya luar biasa, " Pungkas Eka Putra. 

Sementata itu ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra menyampaikan, lomba PKK bukan dilihat segi aspeknya lebih dari itu, mari kita jadikan evaluasi sepuluh program PKK agar berjalan secara maksimal dalam waktu yang panjang  menang bukanlah tujuan utama, tetapi langkah awal bagian nagari dan Kecamatan untuk berbenah diri tertib administrasi, tertib lingkungan, pemenuhan gizi anggato keluarga. 

Saya meminta kepada semua kader PKK Kabupaten, Kecamatan, Nagari untuk menjadikan lomba PKK ini sebagai ajang evakuasi perogram pokok PKK di semua tingkatan pengurus. 
Kedapan diharapkan apa yang telah di perbuat dan yang sudah dihasilkan hari ini 
dapat dijaga dan dilestarikan secara terus menerus dan konti News,  sehinga secara bertahap kita dapat menciptakan lingkungan yang kondusif, rapi, tertib, indah dan nyaman pada semua wilayah di Kabupaten Tanah Datar. 

Ada prestasi yang sudah kita peroleh, tiga kali meraih juara pertama dalam penilaian ketua kelompok Dasawisma berptrestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat. Setiap tahun Kabupaten Tanah Datar selalu mendapatkan peringkat satu sampai dengan harapan tiga untuk lima kategori gerakan PKK. 

Kita juga pernah meraih juara pertama dalam penilaian lomba gerakan PKK tingkat Nasional. Disamping prestasi di atas kuta juga pernah meraih juara umum dalam Jambore tingkat Provinsi Sumatera Barat dan dipercaya sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan bulan bakti Dasawisma tingkat Perovinsi Sumatera Barat.

"Kontribusi Kecamatan dan Nagari-nagari, perantau, kebersamaan dan Gonto royong semua masyarakat dan kader serta yang tidak kalah pentingnya adalah kerja keras kelompok Dasawisma yang di Nagari Pagaruyung ini," Sampai Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Datar. 

Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi mengatakan, Tanah Datar luar biasa setiap penilan selalu meriah, kita berharap bukan hanya sambutan saja yang meriah, tapi juga ekspos dan di buktikan di lapangan. InsyaAllah kalau sesuai dengan laporan yang dilapangan itulah yang berprestasi.
 
Dalam penilaian hari ini  hampir sama yang kita lakukan sebelumnya, saya yakin persiapan Tanah Datar sangat luar biasa, penilaian yang pertama lomba tertib administrasi PKK, setiap kegiatan selalu tercatat dengan baik, selalu ada dokumentasinya, sehingga apapun kegitan dan sehebat apapun kita, tampa administrasi itu tidak akan ada artinya. 

"Penilaian Pola Asuh anak Remaja Era Digital (PAREDI) memang sangat penting peran  PKK dalam Mensolisai bagai mana remaja di era digital pada saat ini, karena kita tau bahwasanya digitalisasi tampa pengawasan orang tua dan pemerintah, kita yakin anak-anak kita ke bablasan, anak bisa menirukan apa yang dilihat  di HP Android mereka," Ujar Ketua TP-PKK Sumbar. 

Hadir saat itu Ketua TPPKK Provinsi Ny. Harneli Mahyeldi, bersama rombongan OPD tim Penilai PKK Bupati Tanah Datar Eka Putra, anggata DPRD Tanah Datar Eri Hendri, OPD di lingkungan Pemda Tanah Datar, Kepal Kemenag Tanah Datar, Camat se-Kecamatan,Ketua TP-PKK se- Kecamatan, Wali  Nagari Pagaruyung Irmaidinal, Dt Mogek ST. Ketua PKK Nagari, BPRN, KAN serta undangan  lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top