Tanah Datar-sumateraline. Com (21/07-2022) 

Sebanyak 30 orang Perangkat Nagari, pendamping Desa, BPRN, KAN ikuti pelatihan peningkatan kapasitas Pemerintahan Nagari Simawang tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Camat Rambatan Ikrar Pahlevi, S.S.TP di Hotel Emersia, Jalan Parak Juar Batusangkar Kabupaten Tanah Datar pada Kamis 21 Juli (2022). 

Dikesempatan pembukaan pelatihan Camat Rambatan Ikrar Pahlevi, dalam arahannya menyampaikan bahwa kita meikuti pelatihan aparatur Nagari dalam rangka meningkatkan kapasitas, yang lebih penting bagai mana yang terbaik untuk kedepannya bagi Nagari. Juga bisa menambah pemahaman ilmu pengetahuan bagi seluruh perangkat Nagari juga BPRN dan KAN. 
Sehingga dalam melaksakan kegiatan Nagari, seperti yang dikatakan Wali Nagari tadi, jangan sampai kita tersandung dalam melaksanakan tugas di pemerintahan dan salah dalam mengambil kebijakan, terhindar dari permasalahan hukum. Perlu saya sampaikan bahwa akan ada pemihan-pemilihan  materi dari arasumber seperti Kejaksaan, Inspektorat, PMDPPKB Kabupaten Tanah Datar. 

"Pertama sekali saya dinas di Kecamatan Rambatan memang banyak keluhan-kaluhan dari masyarakat tentang pelayanan di Nagari, supaya kita ketahui tugas kita adalah melayani masyarakat, bukan untuk dilayani termasuk saya sendiri pelayan. Bupati sudah Wanti-wantian mengatakan bahwa tugas kita hanya sebagai pelayan masyarakat, " Ucap Camat Ikrar Pahlevi. 

MS Dt. Rojo Nan Hitam Ketua BPRN Nagari Simawang, mengatakan sekarang kita mengikuti pelatihan dan peningkatan kapasitas aparatur Pemerintahan Nagari, Staf dan mengikut sertakan pendamping desa serta pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), semoga kegiatan ini bermanfaat apapun yang diberikan dalam pelatihan ini oleh narasumber nantinya. 

"Supaya bisa kita aplikasi kan di Nagari kita Simawang, apa saja ilmu yang diberikan oleh narasumber seperti Camat, bagian hukum dari Kabupaten, agar serius lah mengikuti pelatihan ini, karena banyak ilmu yang akan kita petik dari pelatihan ini untuk Nahari kita Simawang," Kata Ketua BPRN Dt. Rajo Nan Hitam. 

Sebelumnya Firman Malin Panduko Wali Nagari Simawang dalam sambutannya, mengatakan bahwa pelatihan peningkatan kapasitas aparatur Nagari Simawang 2022 ini, bertujuan supaya kita lebih mengerti dalam melaksakan tugas-tugas kita di Nagari. Andai kita bermasalah dalam membuat kebijakan, atau salah dalam mempergunakan anggaran. Kita akan diberi arahan oleh narasumber dari Kabupaten dan pemahaman hukum nantik. 

"Ini awal dari Program yang kita anggarkan dinagari, insya Allah dimulai dari tanggal 21sampai tanggal 23 Juli nantik, saya sebagai Pemerintah Nagari menyampaikan kepada peserta yang hadir, mari kita ikuti pelatihan ini sampai selesai. Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan yaitu tiga hari, agar tidak terjadi permasalahan dalam melaksanakan tugas di Pemerintahan Nagari," Ujar Wali Nagari Firman.(007-n) 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top