Tanah Datar-sumateraline. Com (10/07-2022) 

Sebanyak 41 orang Anak-anak TPA/TPSA Surau Balai Ateh melakukan Qatam Al-Qur'an yang dihari Bupati Tanah Datar Eka putra, SE. MM bersama Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu di Jorong Patir Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar pada Minggu (10/07) jam 13:00 Wib.

Dikesempata itu Walli Nagari Situmbuak Epi Mardian Dt. Panduko Majo Kayo menyampaikan, selamat datang kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama rombongan, dalam kesibukan beliau menyempatkan untuk hadir pada Qatam Al-Qur'an Surau Balai Ateh Jorong Patir Nagari Situmbuak ini. 
Perlu kami sampaikan kepada bapak Bupati, dalam rangka mendukung program ungulan dari Pak Bupati, yakni bahasa tulis Al-Qur'an itu memang bermasyarakat, alhamdulillah, untuk Nagari Situmbuak pelaksanaan Qatam Al-Qur'an agak berbeda dari Nagari lain, karena disini skopnya Nagari melibatkan seluruh masyarakat, baik yang ada di Kampung maupun perantauan. Kalau perantaunya mau pulang Kampung lebih banyak pulangnya saat Qatam Al-Qur'an. 

"Kami sangat berterimakasih kepada Pak Bupati yang mana batuan yang bapak berikan melaui anggota Dewan sudah kami Terima, dananya kami pergunakan untuk membangun ruangan pertemuan Balai adat dua lantai, dimana lantai satu dipergunakan untuk berwuduk, alhamdulillah sekarang sudah basa dipakai seperti melepas Anak-anak Qatam Al-Qur'an tadi," Kata Wali Nagari Situmbuak, 
Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam kesempatannya menyampaikan saya sebagai Bupati Tanah Datar beserta keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1443 hijrah 2022 Masehi kepada masyarakat khususnya Nagari Situmbuak, semoga dengan Hari Raya ini bisa menambah keimanan kita kepada Allah SWT. 

Sebagai mana kita ketahui Hari Raya Idul Adha ini ada yang merayakan tanggal 9 hari Sabtu ada juga yang merayakan tanggal 10 hari Minggu, terhadap perbedaan ini mari kita sikapi bijaksan, saling menghargai tetap u kuah IslamiahIslamiah. Saya baru pertama hadir pada Qatam Al-Qur'an di Nagari Situmbuak.

yang Mengimplementasikan Filsafat Minang adat basandi syara', syara' basandi Kitabullah, yang biasa sering saya lihat banyak Ibuk-ibuk yang hadir saat Qatam, tapi disini berbeda dari daerah lain, banyak bapak-bapak yang hadir. Tentu tidak semua Jorong semua Nagari melakukan Qatam Al-Qur'an seperti ini, tentu harus dipertahankan. 

"Ini ada kaitanya dengan program kami Bupati bersama Wabup namanya satu Nagari satu Event, kita tau di Nagati itu banyak potensi yang belum terungkap belum turun ke generasi muda inilah salah satunya. Mudah-mudahan tahun depan Nagari Situmbuak masuk dalam satu Event satu Nagari. Satu lagi nama programnya satu rumah satu Hafizh, jadi kita siapkan Anak-anak kita untuk menyambut Indonesia Emas," Sampai Eka Putra. 

Ambril Bustian sebagai Ketua pelaksana Qatam Al-Qur'an didampingi Ketua Umum Adi Dapes Malin Bagindo, mengatakan Qatam Al-Qur'an ini akan berlangsung tiga hari lamanya,  InsyaAllah berjalan dengan lancar, di Situmbuak ini kalau melakukan Qatam Al-Qur'an lebih meriah dari Pesta Pesta lain, seperti Pesta kenduri atau Pesta Khitanan anak. Pesta Qatam Al-Qur'an ini induknya Pesta di Nagari Situmbuak," Katanya.

Hadi satu Qatam Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, anggota DPRD Drs. H. Azwar Rabain, Nurhamdi Hasari, Kabag Prokopin Dedi, Forkopinca, Kabag Camat Salimpaung, Heru Rachmad, Wali Nagari Situmbuak Epi Mardian, Perantau, Kepala Jorong KAN, Niniak mamak se-Nagari Situmbuak, Bundo Kanduang dan undangan lainnya.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top