Tanah Datar-sumateraline. Com (14/082-2022) 

Festival Talago Kamba dalam menyukseskan satu Event satu Nagari yang diselenggarakan di Nagari Tabek Patah akan di meriahkan oleh penggemar Motor Trabas akan di ikuti peserta dari berbagai Provinsi untuk membangkitkan ekonomi masyarakat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar Sumbar yang di resmikan oleh Bupati Eka Putra pada Sabtu (13/08) 
Nurhamdi Zahari Dt. Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh
anggota DPRD Tanah Datar mengatakan rasa syukur dengan di adakannya Festival Talago Kamba dalam rangka memeriahkan satu Event satu Nagari ini, untuk mebangitkan ekonomi masyarakat Pra pelaku UMKM Nagari Tabek Patah dan juga untuk mempromosikan objek wisata di Nagari seperti Panorama Tabek Patah, Nagari di atas Awan dan Talago Kamba Pakih inii. 

"Harapan kita membangkitkan kembali kemampuan ekonomi masyarakat setelah pasca dilanda Covid beberapa tahun ini dan memanfaatkan potensi daerah pada kegiatan pariwisata, tentu dengan adanya kunjungan ke nagari-nagari ini akan besar manfaatnya bagi masyarakat sehinga menumbuhkan kembali potensi yang ada di nagari. Baik itu dari sisi kuliner maupun usaha lainya untuk menambah pengasilan masyarakat, " Harap Nurhamdi. 

Di satu sisi kegiatan ini untuk mengenal lebih jauh potensi tentang budaya adat istiadat dan ciri khas sebuah nagari agar masyarakat luar mengetahui bagai mana potensi wilayah daerah Luhak Nan TuoTuo secara keseluruhan di Kabupaten Tanah Datar. Karena bagai manapaun adat istiadat budaya nagari kita Luhak Nan Tuo ini sangat berbeda dengan karakter daerah lainlain, tentu masyarakat luar sangat banyak ingin mengetahui daerah kita. 

Kegitan satu Event satu Nagari khusus di Nagari Tabak Patah akan dimeriahlan oleh pengemar-pengemar Motor Trabas dari berbagai Provinsi, ini atas inisiatif Camat, Pemuda dan masyarakat serta seluruh unsur yang ada di nagari, upaya untuk mempromosikan tempat wisata nagari, agari kegiatan ini tidak berhenti pada dua hari saja akan tapi bisa berkelanjut kedepan untuk membantu para UMKM dan meramaikan nagari.

"Insya Allah setelah Trabas nanti akan dilanjutkan juga oleh Pecandu-pecandu OFROAD dari berbagai Provinsi, tidak tertutup kemungkinan dari daerah luar juga seperti Singapore dan Malaysia, " Ujar Nurhamdi Zahri. 

Sebelumnya Wali Nagari Tabek Patah H. Krisman Dt. Rajo Nan Kayo mengatakan Festival Talago Kamba yang digelar di Talago Pakih tersebut sebagai upaya memperkenalkan adat dan budaya salingka nagari kepada masyarakat atau pengunjung yang datang.

"Nagari Tabek Patah terdiri dari lima suku, yaitu Suku Caniago, Bodi Caniago, Koto Piliang, suku kutianyia, dan suku melayu Mandahiling. Saat ini yang menjadi icon festival adalah 1000 marawa batik kain panjang ini yang diiringi dengan maarak anak dari rumah bako ka rumah tampatan,”ujarnya.

Wali nagari juga menambahkan
setelah kegiatan Festival Talago Kamba Pekih ini juga akan dilanjutkan dengan lomba Trabas dari berbagai Provinsi natinnya yang di gagas Camat, Pemuda dan unsur nagari untuk mempromosikan objek wisata nagari Tabek Patah ke daerah luar tambahnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top