Padang
- Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Sumatera Barat menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan pada bulan April 2022 yang lalu dengan menggandeng mitra Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 10 Padang. Sosialisasi dan pelatihan ini diberi tema “Pelatihan Pemanfaatan E Commerce dalam Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Bagi Siswa-Siswi SMK Negeri 10 Padang”. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen, antara lain: Meri Rahmania, M.Pd.E., dan Gustia Harini, M.Si. kegiatan yang dilakukan ini juga melibatkan 2 orang mahasiswa dari program studi Pendidikan Akuntansi, yaitu Yosi Sefrina dan Yunita Lidya.

Salah satu dosen yang memberikan pelatihan adalah Meri Rahmania, M.Pd.E., selaku ketua pengabdian masyarakat pada kegiatan ini. Dalam sambutannya, Meri Rahmania menjelaskan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan penggerak utama ekonomi nasional. Oleh karena itu UMKM perlu mendapat perhatian, baik dari pemerintah maupun dari institusi pendidikan. Pelaku UMKM perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan yang memadai terkait dengan jenis usaha yang dilakukan dan pengetahuan keterampilan menyangkut pemanfaatan teknologi informasi. Penguasaan pemanfaatan teknologi informasi oleh pelaku UMKM merupakan salah satu kunci dalam mendapatkan akses informasi pemasaran.

“teknologi harus dikuasai oleh pelaku UMKM. Jika tidak maka praktis pengelolaan usaha hanya dilakukan dengan cara tradisional, termasuk pemasarannya yang mungkin saja dilakukan secara oral (mulut ke mulut) atau hanya membuka kios maupun lapak. Dengan memanfaatkan teknologi, komunikasi dan informasi, maka kita akan di beri kemudahan atau akses yang lebih baik bagi masyarakat dalam kegiatan pemasarannya, yaitu dengan electronic commerce (e-commerce).” Demikian pemaparannya.

Adapun peserta yang menghadiri kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini berjumlah sekitar 26 orang, yang terdiri dari siswa yang ingin atau memiliki minat untuk berwirausaha. Terlihat antusiasme mereka yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan seputar kegiatan berwirausaha dan pemanfaatan e commerce dalam kegiatan berwirausaha. 

Dalam penutupan acara sosialisasi, Meri Rahmania selaku ketua tim pengabdian pada masyarakat  mengatakan bahwa upaya pendampingan dan pelatihan seperti ini harus tetap dilakukan dan dilanjutkan agar teknologi yang telah di implementasikan tetap konsisten dipergunakan mitra. Selain itu untuk memperluas jangkuan pemasaran, pada pengabdian pada masyarakat selanjutnya akan dilakukan implementasi atau cara menggunakan software berbasis mobile application yang bisa di akses dengan smartphone android.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top