Padang--Prosesi penyerahan Bendera Merah Putih yang akan dikibarkan di dasar laut kepada Inspektur Upacara Bendera hari Rabu tanggal 17 Agustus 2022 di Perairan daerah wisata Dina Ceker Beach dan Batu Kajang Indah Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

Prosesi penyerahan Bendera Merah Putih ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Provinsi Sumatera Barat. 

"Bendera Merah Putih mempunyai makna yang suci, kebanggaan terhadap Indonesia, memiliki nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme," hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi saat memberi sambutan pada prosesi penyerahan bendera merah putih kepada Komandan Lantamal II, di Istana Gubernuran, Senin (15/8/2022).

Menurut Gubernur Mahyeldi bendera merah putih juga memiliki makna penting untuk integrasi nasional. Bendera Merah Putih dapat menyatukan setiap unsur dalam masyarakat yang sangat beragam menjadi satu kesatuan dan satu tujuan dalam naungan negara, dengan dasar hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Setelah berkibarnya Bendera Merah Putih di dasar laut Perairan daerah wisata Dina Ceker Beach dan Batu Kajang Indah oleh TNI AL (Lantamal) nanti.

"Semoga dapat menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap Indonesia, memiliki nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme serta menjadi simbol bahwa merah putih selalu berkibar di hati masyarakat Sumatera Barat," harap Mahyeldi.

Selain itu ia juga mendukung tujuan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL untuk mengangkat ekonomi masyarakat pesisir di lokasi tersebut bisa terwujud. 

"Karena lokasi wisata Dina Ceker Beach dan Batu Kajang Indah hanya mempunyai potensi daya tarik keindahan alam saja, tetapi juga potensi pariwisata bahari lainnya seperti snorkeling, diving dan waterspot," ujarnya.

Terakhir Gubernur berharap dengan program itu dapat dikelola dengan baik, juga diiringi dengan upaya pelestarian ekosistem laut. karena dengan program ini akan menciptakan rasa aman, menghadirkan negara dan pemerintah ditengah masyarakat untuk memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

Semoga rangkaian kegiatan memperingati HUT RI yang ke-77 ini, memberikan semangat dan peluang untuk kita bersama-sama bangkit bersinergi keluar keterpurukan akibat Pandemi agar Kita semua "PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT". ucap Gubernur Mahyeldi 
(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top