Singkil,sumatraline
.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kembali merilis Agenda Survey Lingkungan Belajar  kepada eemua jenjang Satuan Pendidikan baik Tingkat Tk, SD, SLTP dan SMA sederajat. Hari ini senin, unit pengelola teknis Dinas satuan pendidikan Formal(UPTD SPF) SDN Muara Pea Kecamatan Kota Baharu kabupaten Aceh Singkil Kepala sekolah bersama Dewan Guru dan Operator Sekolah.


Berdasarkan Surat Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 3336/H.H4/SK.01.01/2022 Tentang Pengisian Survey Lingkungan Belajar Tahun 2022. Yang dijadwalkan untuk Satuan Pendidikan / sekolah akan dimulai pada hari ini, ( Senin 29-08-2022 ) sampai berakhir pada tanggal 31 Agustus 2022.


Ketika tim redaksi konfirmasi kepada Ridwan, S.Pd, mengungkapkan; pengisisan survey dan menjawab soal yang sudah tersedia melalui dasbord  yang sudah di bagikan oleh operator sekolah berupa akun guru dengan kode registrasi saat login. Kami bersama mengisi survey pada tahun ini. Untuk survey kepala sekolah ada 100 lebih soal yang harus dijawab dengan kondisi real dan fakta dilapangan.


 Kemudian untuk soal tendik ( Guru ) ada 90 Soal lebih untuk dijawab sesuai dengan profesi guru tersebut. Alhamdulillah, sekolah kami ( SD Negeri Muara Pea Kec. Kota Baharu Aceh Singkil ) pada semester TA 2022/2023 ini mendapatkan tambahan berupa alat TIK Nootbook ( Chroom Book Axioo ) 5 unit dari DISDIKBUD Kab. Aceh Singkil Tahun 2022 sehingga guru-guru kami dapat manfaatkan untuk menunjang kerja pembuatan Adm Kelas serta pemanfaatan pengisian survey secara online dengan fasilitas yang terbatas. Disini jaringan jadi kendala untuk mendapatkan akses Internet karena berada pada daerah pedalaman.


Kegiatan dari Kemendikbud ini juga merupakan agenda rutin nantinya setiap tahun sekolah untuk dapat dipersiapkan dalam rangka mendapatkan data rel disekolah. Karena setiap sekolah berbeda-beda kegiatan dan programnya dan permasalahanya. Dengan mengefisienkan waktu pada pengisian agar sekolah memastikan kepada semua guru, tendik dan kepala sekolah agar tidak ketertinggalan dalam memberikan survey sesuai dengan Kondisi sekolah untuk memperbaiki mutu Pendidikan khususnya Kab. Aceh SIngkil menjadi lebih berkualitas dan baik. Ungkap Kepala Sekolah.


Lebih Lanjut, sejatinya survey ini bertujuan untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar dikelas maupun ditingkat satuan pendidikan. Sehingga hasil asesmen Nasional akan memberikan Informasi konferehensif mengenai infut dan pembelajaran. Sesi lain sekolah menjelaskan, dalam Prosedur pengisian survey lingkungan belajar tentu harus diperhatikan;

Survey lingkungan nelajar wajib diisi oleh semua guru dan kepala sekolah yang terdata pada dapodik dan emis ( Kemenag ).


Kepala sekolah dan guru dapat login dengan menggunakan data yang sudah tercetak pada kartu login sulingjar ( Survey Lingkungan Belajar ). 


Kartu Login didapat dari proktor/operator sekolah yang ditunjuk dan dapat mengakses dasbord sulingjar Kemendikbud.(Sp)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top