Tanah Datar-sumateraline. Com (24/09-2022) 

Batu runding 4 suku tempat ninik mamak bermusywarah atau berunding diletakan kembali oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Ninik mamak Nagari Barulak saat "Festival Pesona Barulak" Dalam rangka satu Event satu Nagari di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar Sabtu (24/09) 
Wali Nagari Barulak Mulyadi Dt. Bandaro Bodi dalam kesempatan itu mengatakan, sebagai nagari yang berpotensi untuk kunjungan wisata, selain pangek lapuak, sangkar burung
kita akan kembali meletakan batu rundiang 4 suku Nagari Barulak tanggal 24-25 pada Festival Pesona Barulak ini. 

Nantik bagai mana nagari Barulak kedepan digerbang pintu masuk dari Piladang ke Barulak akan kita buat (anda memasuki kampung Pangek lapuak) kerajinan Sangkar burung khas buatan nagari Barulak, biasa dicap orang buatan Payakumbuh.

"Kita bersama dengan Ninik Mamak berharap dibawah Sangkar tertera Barulak, kalau kuliner Pangek lapuak, kita sudah Koordinasi dengan Unand Padang cara untuk Peking, walaupun nantik kemasannya seperti Sarden," Kata Wali Nagari Mulyadi. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam kesempatan tersebut merasa sangat bahagia sekali, karena Produk Unggulan Satu Nagari Satu Event dihadiri oleh mantan Bupati Ir.M.Shadiq Pasadigoe, SH, MM.

“Kanda M.Shadiq Pasadigoe ini sudah beberapa kali menghadiri Produk Unggulan Satu Nagari Satu Event, termasuk hari ini di Festival Pesona Barulak,” kata Bupati Eka Putra. 

Bupati Eka Putra mengatakan, pelaksanaan Satu Event Satu Nagari untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sudah terbukti, dengan banyak transaksi keuangan dalam setiap kegiatan yang kedelapan kali dengan transaksi sebesar sekitar Rp.5,- Milyar.

Nagari Barulak salah satu unggulan pariwisata Tanah Datar, dengan potensinya masing-masing pintu gerbangnya masuk Tanah Datar, memiliki produk UMKM sangkar burung yang sudah dikenal luas, kuliner pangek ikan lapuak serta pengobatan alternatif patah tulang.

“Kemudian objek wisata Boncah Raya merupakan agro wisata yang punys potensi cukup besar untuk dikembangkan,” ucap Bupati Eka Putra. 

Hadir di Festival tersebut Ketua TPPKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka putra, Ir M. Sadiq Pasadigue, anggota DPRD Tanah Datar Juli Rustam, Kepala OPD terkait, Kadis Parpora dan olah raga Agung Hendra Setiawan, Kadis Kominfo Yusrizal, Plt Kadis Pertanian Sri Mulyani, BKD, Koperindag, Kabag Prokopim, Forkopinca, Camat Tanjung Baru, Wali Nagari, KAN, Ninik mamak Bundo Kaduang, tokoh masyarakat, perantau. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top