Payakumbuh, SUMATRALINE — Jalin kerjasama dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh kembali salurkan zakat dengan tema “Beasiswa Payakumbuh Yang Cerdas dan Berkarakter”. Zakat yang dibagikan untuk peserta didik TK (Taman Kanak-Kanak) dan peserta didik dari pegawai operator SD (Sekolah Dasar) di kota Payakumbuh. 

Penyaluran zakat yang berlangsung di aula dinas pendidikan kota Payakumbuh pada Senin (15/8/2022) silam itu diserahkan untuk 105 orang peserta siswa TK dan 27 orang yang merupakan anak kandung operator SD Negeri di kota Payakumbuh dengan jumlah total zakat Rp. 42.750.000,- yang ditrima setiap siswa TK sebanyak Rp. 250.000,- dan untuk peserta didik dari operator SD menerima Rp. 500.000,-/masing-masing peserta serta Rp. 3.000.000,- untuk biaya berobat bagi guru TK.

Penyaluran zakat ini diserahkan langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd yang didampingi Kabid Paudni, Syafni Hasni, S.Pd, bersama jajaran Rahmawati, S.Sos, Ramayani, S.Pd, Andinni Agwensia, S.A.P.

Atas telah berlangsungnya penyaluran zakat dari Dinas Pendidikan Kot Payakumbuh bersama BAZNAS itu Dasril sampaikan kepada media bahwa dari 2,5 % total gaji yang ditrima ASN dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh telah disetor tiap bulannya dan diserahkan ke Baznas Payakumbuh.

Atas zakat yang telah terkumpul di Baznas Payakumbuh dari seluruh jajaran pegawai Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh tersebut, Dasril berharap dari jumlah 60 persennya dapat disalurkan kembali kepada peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang termasuk dalam asnaf yang delapan guna menunjang dan meningkatkan taraf pendidikan.

Sementara untuk orangtua dan siswa penerima zakat, Kepala Dinas Pendidikan itu juga berharap jika zakat yang telah ditrima tersebut agar digunakan dengan semestinya sehingga zakat ini tepat sasaran bagi kebutuhan belajar peserta didik. 

“Sehingga tujuan dari penyaluran zakat ini dapat tercapai,” ungkap Dasril via Phone, Senin (12/9).

Terkait zakat yan ditrima peserta didik tersebut, Dasril juga menghimbau kepada setiap kepala sekolah agar terus dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dari peserta didik kedepannya. 

“Dan untuk siswa yang telah menerima zakat ini maka mari kita semua dapat lebih meningkatkan dan membangkitkan semangat belajar untuk meraih kesuksesan dan dapat merubah posisi saat ini sebagai penerima menjadi pemberi zakat di masa akan datang, Aamiin yaa robbal’allaamiin,” tutup Dasril.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top