Tanah Datar-sumateraline. Com (12/09-2022) 

Wakil Bupati Richi Aprian dan Istri menghadiri Pengukuhan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Bundo Kanduang Kecamatan Sungai Tarab di Gedung serbaguna Nagari Sungai Tarab  Kabupaten Tanah Datar pada Senin (12/09). 

Dalam sambutan Ketua LKAAM Kecamatan Sungai Tarab HS. Dt. Marah Bangso, mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Richi Aprian dan tamu undangan yang hadir pada pengukuhan LKAAM dan Bundo Kanduang Kecamatan Sungai Tarab. Berawal dari tanggal 27 Juni 2022 kemaren bertempat di Kantor KAN Nagari Gurun kami Ninik Mamak se-Kabupaten Sungai Tarab telah difasilitasi oleh Wali Nagari GurunGurun. 

"Di Kantor KAN Nagari gurunlah lahirnya kepengurusan LKAAM Kecamatan Sungai Tarab Periode 2022-2027. Dengan diadakan tradisi Adat kembali maka membangkitkan batang terandam khusus di Kecamatan Sungai Tarab umumnya di Kabupaten Tanah DatarDatar seperti yang kita lihat sekarang. 
Walau sifatnya seremonial, tapi dibalik seremonial itu adalah rasa ke Gontoroyongan dan rasa kekompakan Bundo Kanduang Sungai Tarab yang tergabung dari Bundo Kanduang 9 Nagari mengumpulkan dan supaya telaksananya kegiatan ini, " Kata HS. Dt. Marah Bangso. 
Pada sambutannya Wakil Bupati Richi Aprian, SH. MH, mengatakan keberadaan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) tidak dapat di pisahkan dengan kehidupan adat di daerah Minangkabau, dan sangat berperan penting dalam melestarikan adat dan budaya di tengah tengah masyarakat. 

Dengan dikukuhkan pengurus LKAAM dan Bundo Kanduang Kecamatan Sungai Tarab ini sangat berperan penting terhadap pelestarian adat dan budaya di Kabupaten Tanah Datar. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memiliki perhatian yang tinggi terhadap pelestarian adat dan budaya. Hal ini tergambar dalam visi Kabupaten yakni "Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani Berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, ujar Wabup. 

"Pemerintah menyadari tidak semua urusan pemerintahan dapat di selesaikan melalui pendekatan hukum dan pemerintah, ada kearifan lokal yang hanya dapat diselesaikan melalui hukum adat, LKAAM dan bundo kanduang memiliki kontribusi besar dalam percepatan pembangunan di Tanah Datar, untuk itu LKAAM diharapkan dapat menjadi mitra dan bersinergi dengan Pemerintah daerah dalam mewujudkan visi misi kabupaten," ungkap Wabup. 

Kepada pengurus yang baru dikukuhkan, Wabup Richi mengharapkan LKAAM dan Bundo Kanduang kecamatan Sungai Tarab bersinergi dengan semua unsur di kecamatan dalam rangka meningkatkan kehidupan beragama, beradat dan berbudaya serta dapat memberikan saran nasehat adat kepada pemerintah. 

Menurutnya, segala permasalahan hukum, adat dan lainnya, dapat diselesaikan secara bersama atas azas mufakat dan kearifan lokal. Untuk itu, LKAAM diharapkan menjadi jembatan mediasi dan aspirasi, sehingga bisa bersama-sama membangun Luhak Nan Tuo. 

Diakhir arahannya Wabup mengucapkan selamat atas dikukuhnya kepengurusan LKAAM dan Bundo Kanduang kecamatan Sungai Tarab yang baru di bawah kepemimpinan HS. Dt Marah Bangso bersama Sekretaris I Katik Intan Ameh, Bendahara B Dt Tan Gadang dan Ketua  Bundo Kanduang Suryani bersama Sekretaris Rusda Ulfa dan Bendahara Nita Muhtar, tambah Wabup. 

Turut hadir di acara tersebut selain Wakil Bupati Tanah Datar  juga Anggota DPRD Provinsi Sumbar Arkadius Dt. Intan Bano, M. Shadiq Pasadigoe mantan Bupati Tanah Datar periode 2005-2015, Anggota DPRD Tanah Datar, Ketua LKAAM dan Ketua Bundo Kanduang Tanah Datar, Camat Sungai Tarab Arianto beserta forkopimca, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab, perantau dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top