Tanah Datar-sumateraline. Com (20/09-2022)

Musrenbang Nagari Saruaso dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari tahun 2023 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU- RKP) Nagari, untuk jangka waktu satu tahun berjalan yang akan di usulkan Pemerintah Nagari ke Kecamatan yang di Aula Kantor Wali Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar Selasa (20/09) 

Pada kesempatannya Kadis PMDPPKB Nofenril, megatakan
Rencana Pembangunan Nagari Saruaso tahun 2023 dan DU-RKP tahun 2024 yang akan datang, tentu harapan kita bersama apa yang akan kita diakusikan, yang kita sepakati dalam Komunitas betul-betul dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat Nagari Saruaso itu sendiri. 

Kembali kita tinjau kilas balik tahun 2021-2022, alhamdulillah Nagari Saruaso sedikit mengalami kemajuan, dalam proses penyusunan perencanaan dan penganggaran untuk tahun 2022. 

"Bisa jadi ini karena Camat Tanjung Emas Zulkifli Idris, karena beliau dulu di Lintau Buo Utara bisa melahirkan 4 dari lima nagari di Kecamatan Lintau Buo Utara mampu melahirkan perencanaan dan penganggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, " Ujar Kadis Nofenril. 

RKP itu ditetapkan per 30 September dam APB Nagari dijadwalkan paling lambat 31 Desember tahun berjalan. Alhamdulillah 4 Nagari yang ada di Lintau Buo Utara bisa di pasilitas oleh Camat, kemudian beliau pindah ke Kecamatan Tanjung Emas, alhamdulillah termasuk Nagari Saruaso mampu masuk 4 besar di Kabupaten Tanah Datar. 

Mudah-mudahan ini langkah awal untuk Nagari Saruaso untuk lebih maju kedepan di mana-mana yang akan datang. Proses sudah dilalui di awali dengan musyawarah Jorong musyawarah Nagari sekitar bulan Juli yang lalu yang di pasilitas oleh BPRN, dalam bentuk musyawarah Nagari, ada rembuk Stunting dan lainya sehingga sudah di jemput ke pinggir-pinggir Nagari kita. 

Apa permasalahan sekarang akan kita cari obatnya pada musrembang ini, kalau tadi sudah diserahkan rancangan RKP Nagari oleh Wali Nagari bersama BPRN peraturan Nagari, kita berharap apa yang muncul disana betul-betul yang muncul dari akar rumput, jelas Kadis Nofenril. 

Sebelumnya, Wali Nagari Saruaso Agusrimayanto, menyampaikan jumlah pagu dana yang tersedia tahun anggaran 2022 sebagian dana sudah dapat dicairkan, sisanya untuk pencairan dana selanjutnya sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. 

"Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan dengan Pagu Dana Rp.1.212.264.445,- Bidang Pelaksanaan Pembangunan Nagari dengan Pagu Dana Rp.748.626.186,- dan bidang Pembinaan Kemasyarakatan dengan Pagu Dana Rp.235.517.400,- serta Bidang Pemberdayaan Masyarakat Rp.115.417.600,- hingga sekarang belum terealisir, "kata Wali Nagari. 

Dalam sambutannya Camat Tanjung Emas Zulkifli Idris, 
menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat kepada Wali Nagari dan BPRN  atas selesainya penyusunan APB Nagari Saruaso sesuai dengan yang diharapkan, ini bukti kalau kita kompak apapun bisa kita kerjakan secara bersama-sama. 

"Harapan kita masyarakat agar terus melakukan hal yang terbaik demi kemajuan Nagari Saruaso dengan bekerja secara baik dan maksimal dalam pelayanan. Masyarakat Saruaso teruslah pertahankan kekompakan yang ada, agar kemajuan Nagari Saruaso ini terealisasi dengan cepat dan baik, sehingga nikmatnya bisa kita rasakan dimasa yang akan datang, "harap Camat Tanjung Emas. 

Hadir pada Musrembang Nagari Saruaso, Kadis PMDPPKB, Kesbangpol yang diwakili, OPD terkait, Kepala Sekolah SDN, TK, PAUD, Forkopinca, Camat Tanjung Emas, Polsek Tanjung Emas Diwakili Waka Polsek, Danramil yang diwakili Babinsa, BPRN, KAN, Bundo Kanduang, Para Musrembang, dan undangan lainnya. (007-n) 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top