Tanah Datar-sumateraline. Com (28/09-2022) 

Musrenbang Nagari Atar dalam Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari tahun 2023 dan Daftar Usulan Rencana Kerja (DU-RKP) tahun 2024 berbeda dengan 75 Nagari yang sedang melaksakan Musrenbang, para Peserta dipersembahkan Tarian Kreatif yang dibawakan anak SDN 07 kelas 4 taratak XII Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar pada Rabu (28/09) 
Di pembukaan itu Wali Nagari Atar, Alyu Pardi, menyampaikan pada tahun 2020-2021 sampai sekarang banyak usulan yang belum terealisasi, penyebabnya kita tau, semua anggaran dialihkan untuk penanganan Covid terjadilah pemotongan, sekarang masih berlanjut untuk penanganan Stunting ibu hamil, bayi kurang gizi, kalau Stunting ini wajib kita laksanakan karena ini Program Pemerintah. 

Apa yang sudah direncanakan sebelumnya sudah dimasukan kembali di musrenbang hari ini dalam Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari tahun 2023 dan DU-RKP tahun 2024 yang akan diserahkan ke Kabupaten melalui Kecamatan. Mudah-mudahan tahun 2023 Covid berlalu apa yang sudah kita usulkan yang dibutuhkan sekali semuga terealisasi. 

"Untuk itu, sebagai Wali Nagari saya menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan cuaca sekarang agak Strim angin kencang telah musim hujan, bagi masyarakat yang ramahnya rawan longsor dekat pohon supaya waspada, kalau ada pohon kita yang condong ke rumah atau rumah tetangga agar berlapang hati untuk menebangnya, soalnya kita tidak ingin ada terjadi korban jiwa ditengah masyarakat kita, "kata Wali Nagari Atar Alyu Pardi. 

Di sambutannya Camat Padang Ganting, Ronal Satria, mengatakan waktu Musnag kita sudah memberikan usulan dan skala prioritas terhadap segala kegiatan pada tahun 2023. Jadi ada dua Otput dari kegiatan yang didapat yang pertama RKP yang akan kita laksanakan pada tahun berikutnya yang didanai oleh Nagari, yang akan menjadi kewenangan Nagari.

Kedua DU-RKP adalah kegiatan diluar kewenangan Nagari, baik itu dari Kabupaten, Provinsi maupun dari Pusat. Kegiatan diluar kewenangan Kabupaten ini pelaksanaannya nantik pada tahun 2024. Karena ini akan dibawa pada DU-RKP tahun 2023 di tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan tingkat Nasional.

Khusus untuk kegiatan di Nagari yang kita Prioritas hari ini yang akan kita laksanakan pada tahun 2023, setelah musrenbang ini, Pemerintah Nagari sudah menyiapkan Pernag RKP yang akan disampaikan pada Pemerintah Kabupaten. 

"Paling lambat tanggal 10 Oktober harus selesai Pernagnya akan kita serahan ke Kabupaten, setelah ini kita akan melakukan perubahan APB. Karena beberapa hari yang lalu SK BK-BK dari DPRD, BK-BK Bupati telah turun, sudah nampak Pagu anggarannya apa saja kegiatan dan jumlah dana, setelah ini kita akan melaksanakan APB perubahan, "ujar Camat Ronal. 

Sementara itu Kadis PMDPPKB Nofenril, memberika Aplaus kepada masyarakat Nagari Atar  dari 75 Nagari yang sedang melakukan musrenbang hanya Nagari Atar yang dimeriahkan sanggar Tari mancik-mancik yang dibawakan anak SDN 07 Atar taratak XII. Ini tandanya kita tidak hanya fokus pada pembangunan Fisik saja. 

"Kegiatan agama, budaya, Sosial juga harus di perhatikan, agar sejalan dengan Program Pemerintah Daerah yaktu Tanah Datar yang Madani. Apa yang telah di prioritaskan dalam RKP 2023 dan Daftra Usulan Rencana Kerja (DU-RKP) 2024, betul-betul apa yang dibutuhkan masyarakat bukan kebutuhan Pribadi, "ucap Kadis Nofenril. 

Nampak hadir Ketua Iwatar  nusantara yang juga Ketua IKTD Bandung H. Yusparman, OPD terkait, Forkopinca, Camat Padang Ganting Ronal Satria, Kapolsek Padang Ganting, Dantamil atau yang mewakili, BPRN, KAN, para peserta musrenbang, dan undangan lainya. (007-n) 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top