Berdasarkan Permen PUPR No. 17 tahun 2017, salah satu fungsi dari Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) WS. Indragiri-Akuaman adalah pengintegrasian dan penyelarasan kepentingan antar sektor, antar wilayah serta antar pemilik kepentingan dalam pengelolaan sumber daya air pada Wilayah Sungai Indragiri-Akuaman. 

Fungsi TKPSDA tersebut kemudian ditindaklanjuti melalui Sidang Pleno Ke-III TKPSDA WS Indragiri-Akuaman yang dilaksanakan untuk membahas antara lain Sidang pleno Pembahasan tentang Rancangan Alokasi Air Tahunan (RAAT) DAS Anai Tahun 2023, dan Pembahasan mengenai Aktivitas Galian C di WS Indragiri-Akuaman.

BWS Sumatera V Padang selaku penyelanggara kegiatan melalui Sekretariat TKPSDA WS Indragiri Akuaman kemudian menggelar Sidang Pleno ke III pada Kamis dan Jum’at (20-21 Oktober 2022) bertempat di Santika Hotel Bukittinggi.  “Dengan terlaksananya Sidang Pleno Ke-III TKPSDA WS Indragiri-Akuaman ini, kami berharap kita semua sebagai stakeholder dalam Pengelolaan Sumber Daya Air dapat bekerja bersama secara optimal dalam melaksanakan pembahasan isu yang ada sehingga memberikan masukan yang berkualitas dan mendukung optimalisasi pengelolaan sumber daya air di wilayah sungai Indragiri Akuaman. Harapannya, melalui Sidang Pleno ke-III ini kita dapat menghasilkan rekomendasi yang tepat” Kata Eri Iswandi, salah satu ketua Komisi mewakili Ketua TKPSDA WS Indragiri Akuaman.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala BWS Sumatera V Padang Dr. Dian Kamila, ST,MT juga mneyampaikan hal senada. “Kami berharap kita semua sebagai stakeholder dalam Pengelolaan Sumber Daya Air dapat bekerja bersama secara optimal dalam melaksanakan pembahasan tersebut sehingga memberikan masukan yang berkualitas dan mendukung optimalisasi pengelolaan sumber daya air di Wilayah Sungai Indragiri-Akuaman”.  Kegiatan ini dihadiri oleh hampir 56 orang yang berasal dari Instansi Pemerintah dan Organisasi Non Pemerintah yang tergabung dalam TKPSDA WS Indragiri-Akuaman, kegiatan sidang berlangsung dengan tertib dan lancar. Selanjutnya Sekretariat bersama tim khusus akan berembuk dan menyelesaikan rekomendasi atas penjaringan isu-isu yang telah dilakukan. Dalam beberapa waktu kedepan rencananya juga akan dilaksanakan Sidang Pleno IV TKPSDA WS Indragiri Akuaman. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top