Tanah Datar-sumateraline. Com (09/09-2022) 

Mari sukseskan Satu Event satu Nagari tanggal 17/18 September 2022 yang akan menampilkan Silek Kumango dengan tema "Baluluak Bajarami" Ikut di meriahkan seluruh Pesilat se Dunia serta Kuliner Khas Nagari Kumango Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar Jum'at (09/09) 

Terkait hal itu di samapaikan oleh Wali Nagari Kumango Iis Zamoraa, S.Pd dan Camat Sungai Tarab Arianto saat Goro bersama Forkopinca Sungai Tarab dan Wali Nagari 9 Nagari saat Persiapan satu Event Satu Nagari yang akan dilaksanakan di Nagari Kumango tanggal 17/18 September 2022.
Camat Sungai Tarab Arianto yang didampingi Wali Nagari Kumango Iis Zamora, mengatakan sekarang kita Goro bersama dengan Forkopinca Wali Nagari se Kecamatan Sungai Tarab dalam rangka mempersiapkan Satu Event satu Nagari tanggal 17/18 September 2022.

"Yang akan menampilkan Asli Silek Kumango dengan tema "Baluluak Bajarami" Yang rencananya akan diadakan di Sawah ini Serta Kuliner Khas Nagari Kumango itu sendiri. 
InsyaAllah akan dimeriahkan Pesilat dari se-Dunia," Kata Camat Arianto. 

Arianto, menambahkan kita berharap Perantau masyarakat mendukung semua Event ini mari kita Sukseskan Festival Satu Event satu Nagari di Nagari Kumango, tambah Arianto. 

Senada dengan itu Wali Nagari Kumango Iis Zamora, S.Pd menyampaikan, hari ini kita Goro bersama dalam mempersiapkan Satu Event satu Nagari rencananya pembukaan akan di laksanakan di Depan Masjid Kumango sesudah itu lansung di arak ke lokasi InsyaAllah diselenggarakan di Sawah ini. 

Kita mengharapkan Partisipasi Perantau dan masyarakat Nagari Kumango, pada umumnya masyarakat Tanah Datar ikut menyukseskan satu Event satu Nagari Silek Kumango dengan tema "Baluluak Bajarami", kita juga mengundang yang diluar Kabupaten Tanah Datar.

"Untuk Even ini tidak dipungut biaya bahkan untuk Pedagang UMKM yang berjualan kita bebaskan tidak bayar, yang jelas sekarang kita siapkan dulu lapak untuk berjualan kuliner, tempat pertunjualan, soal tempat parkir nantik kita pikirkan," Ujarnya. 

Iis Zamora katakan lagi
kalau ada tamu nantik dari mancanegara yang akan berkunjung kita akan siapkan pakaian agar mereka menghormati budaya kita, kata Iis Zamora. 

Sebelumnya Kadis Parpora (Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) Tanah Datar Agung Hendra Indrianto melalui Kabid Pariwisata Efrison, SE kepada rekan media menjelaskan, program unggulan Pemkab Tanah Datar di sektor pariwisata untuk kedelapan kalinya ini diharapkan lebih semarak, lebih bermakna dan lebih menguntungkan bagi masyarakat.

Dikatakan, untuk mengundang wisatawan atau pengunjung lebih banyak lagi datang ke Tanah Datar, kita memang mencoba mengangkat kearifan lokal yang beraneka ragam dari setiap nagari, sehingga dari satu event ke event yang lainnya diusahakan mempunyai daya tarik masing-masing agar pengunjung tidak merasa bosan.

“Nagari Kumango yang mengangkat tema Festival Silek Baluluak Bajarami juga akan menampil seni budaya yang berbeda dengan nagari lain, panitia pelaksana sudah mengemas beraneka ragam pertunjukan silat di dalam sawah diatas lumpur dan jerami,” kata Efrison menambahkan.

Kepada Panitia Pelaksana ia mengingatkan untuk tidak mengabaikan keamanan dan kenyaman pengunjung, baik itu dalam penyediaan tempat parkir roda dua dan roda empat, maupun pelayanan umum lainnya seperti toilet tempat buang air kecil dan besar serta tempat berudhuk dan sholat, mengingat kita menggelar acara dari pagi hingga sore dan tidak tertutup kemungkinan sampai malam, ingat Efrison.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top