Payakumbuh, SUMATRALINE --- Jelang berakhirnya masa jabatan selaku walikota pada tanggal 22 September 2022 mendatang, Walikota Payakumbuh Riza Falepi melantik sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh, termasuk tiga pejabat pimpinan tinggi pratama hasil seleksi terbuka beberapa waktu lalu. Pelantikan dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Selasa (06/09/2022).

Adapun ketiga pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik adalah Kepala Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Meizon Satria, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM M.Faizal dan Kepala Dinas Sosial Irwan Suwandi. Sementara jabatan Kadis Kesehatan yang juga telah dilelang belum jadi dilantik, karena menunggu persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Dalam sambutan pasca pelantikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengungkap bahwa pelantikan tiga pejabat tinggi pratama tersebut merupakan hasil seleksi terbuka atau lelang jabatan yang dilakukan beberapa waktu lalu. Walikota menyatakan proses seleksi dilaksanakan secara objektif dan transparan. 

“Proses seleksi sangat transparan, setiap tahapan seleksi, hasilnya diumumkan ke publik melalui website, hingga keluar hasil tiga besar. Publik bisa melihat sendiri nilai yang diraih peserta. Setelah keluar tiga besar, barulah saya pilih satu orang untuk ditetapkan dan dilantik menjadi kepala dinas,” ujar Walikota Riza. 

Riza menyatakan, pihaknya mempunyai sejumlah pertimbangan dalam memilih dan menetapkan pejabat yang akan dilantik. Menurutnya, hasil tes akademis assesment, loyalitas, kinerja dan rekam jejak menjadi pertimbangan utama.  

“Acuan pertama tentu hasil tes tertulis, ini membuktikan kapasitas seseorang. Kemudian loyalitas juga menjadi pertimbangan utama. Tidak mungkin pemimpin memilih orang yang tidak loyal dalam bekerja. Selanjutnya tentu kinerja dan rekam jejak selama bekerja,” jelas Walikota Payakumbuh dua periode ini. 

Dikatakan, pada awalnya dirinya enggan untuk mengadakan seleksi terbuka untuk mengisi kekosongan jabatan beberapa kepala dinas yang kosong akibat pejabat lama yang sudah pensiun. Akan tetapi karena dorongan sejumlah pihak, akhirnya seleksi terbuka tetap dilaksanakan. 

“awalnya saya sudah putuskan tak akan buka seleksi terbuka, biarlah itu menjadi pekerjaan Pj. Walikota pengganti saya, cuma karena desakan Bapak Kepala BKPSDM, agar segera mengisi kekosongan jabatan kepala dinas yang cukup banyak akhirnya saya ikut, dan hari ini akhirnya dilantik,” terang Riza Falepi. 

Walikota yang dikenal piawai dalam mencari dana pembangunan ke pusat ini meminta agar kepala dinas terpilih secepatnya beradaptasi dengan bidang tugas mereka. 

“Jadilah pembelajar cepat. Saya yakin anda yang hari ini dilantik mampu mengemban amanah dengan baik. Atas nama walikota saya ucapkan selamat, semoga sukses,” pungkas Walikota Riza. 

Disamping tiga pejabat tinggi pratama, Walikota jugaelantik.sejumlah pejabat administrator, pejabat pengawas dan juga fungsional disejumlah instansi. Diantaranya Kepala Bagian Kesra Efrizal dan Kepala Bagian PBJ Dalbang Yasril. 

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, Asisten Administrasi Umum Ifon Satria Chan, Asisten Ekonomi Pembangunan Elzadaswarman, Kepala BKPSDM Erwan dan sejumlah pejabat terkait. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top