Payakumbuh, SUMATRALINE — Salah seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional  (JKN) BPJS Kesehatan yang bekerja pada instansi POLRI yakni Zulhelmi (44) menyadari pentingnya jaminan kesehatan untuk mengantisipasi kondisi yang masih serba tidak pasti selama pandemi. Ia mengaku telah merasakan manfaat Program JKN secara langsung.

"Perlindungan kesehatan sangat penting untuk bisa kita miliki. Dari sistem yang diterapkan program JKN, kita sebagai masyarakat tentunya akan merasa sangat terbantu terutama dalam hal biaya pengobatan karena kita dapat mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan yang kita perlukan tanpa melihat besaran iuran yang kita bayarkan. Saya sendiri telah merasakan manfaat JKN ini," ungkap Aipda Zulhelmi ketika ditemui media di Klinik Polres Payakumbuh, Sabtu (15/10/2022).

Bertugas di satuan Polres Kota Payakumbuh dengan jabatan Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Kanit Turjawali) Aipda Zulhemi mengatakan ia selalu menggunakan JKN ketika berobat, termasuk ketika pemeriksaan kesehatan dirinya di Klinik Polres Payakumbuh ini. Berdasarkan pengalamannya, Zulhemi mengaku puas dengan pengalaman yang diberikan saat berobat menggunakan JKN, obat yang diberikan pun sesuai dengan kebutuhannya.

"Saya mengalami demam dan batuk selama dua minggu kebelakang. Hari ini saya memeriksakan diri di Klinik Polres Payakumbuh dengan menggunakan JKN. Setiap saya sakit dan perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut, saya selalu mengandalkan JKN yang saya miliki. Pelayanan yang diberikan saya rasa sudah baik, saya sangat puas dengan pelayanan ketika saya berobat," pungkas Zulhelmi.

Lebih lanjut, Zulhemi mengatakan bahwa sebelum bertranspormasi ke JKN, anggota Polri sudah mendapatkan tanggungan jaminan Kesehatan di klinik maupun di rumah sakit, tapi hanya sebatas di fasilitas Kesehatan Polri saja, sekarang sudah sangat banyak fasilitas Kesehatan yang dapat melayani seluruh anggota Polri di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di wilayah terpencil sekali pun. Selama ini mungkin kesulitan bagi anggota Polri di daerah-daerah yang tidak ada fasilitas Kesehatan Polri, namun semenjak bergabung dengan BPJS Kesehatan bagi anggota yang bertugas di daerah-daerah sudah bisa mendapatkan layanan di fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

"Semoga JKN-KIS dapat berjalan lebih baik lagi kedepannya dan senantiasa berinovasi untuk memastikan seluruh masyarakat mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan yang layak," harapan Zulhelmi.

Ditambahkan Zulhelmi, masyarakat Payakumbuh dan sekitar agar dapat mendaftarkan diri ke program JKN BPJS Kesehatan dalam pelayanan akses Kesehatan, di samping memberikan perlindungan untuk diri sendiri, iuran yang dibayarkan dapat membantu orang lain yang membutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top