Payakumbuh, SUMATRALINE — Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh kembali menyalurkan bantuan beasiswa Pendidikan Payakumbuh Cerdas kepada 106 pelajar SD dan SMP se-Kota Payakumbuh masing–masing menerima Rp. 500.000,- bagi siswa SD, Rp. 600.000,- bagi siswa SMP dengan jumlah dana yang disalurkan Rp. 53.300.000,-

Sebelumnya Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh sudah menyalurkan beasiswa Payakumbuh Cerdas semenjak bulan Juli 2022 sampai bulan Oktober 2022. Bantuan Beasiswa Pendidikan Baznas Payakumbuh yang sudah disalurkan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh kepada 1000 orang lebih siswa TK, SD, SMP dan kesetaraan, guru dan Tenaga Kependidikan honorer yang mengalami kesulitan ekonomi sampai pada saat ini berjumlah Rp. 535.250.000,- yang bersumber dari zakat guru dan ASN dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Zakat yang terkumpul pada Baznas Payakumbuh dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, 60 persen didistribusikan kembali kepada guru dan siswa yang termasuk pada asnaf yang delapan yang memenuhi persyaratan penerima zakat.

Disamping itu Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh juga telah menyalurkan beasiswa dan bantuan kuliah kepada 113 orang siswa dan mahasiswa yang bersumber dari Bank Nagari sebanyak Rp. 110.000.000,- .

Dalam 4 bulan terakhir, dari bulan juli hingga oktober 2022 Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh sudah menyalurkan Total Beasiswa Pendidikan Payakumbuh Cerdas sebanyak Rp. 645.250.000,-

Berlangsung di aula pertemuan kantor Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, penyaluran beasiswa pendidikan BAZNAS Kota Payakumbuh dihadiri Pj. Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Elzadaswarman bersama pengurus BAZNAS Kota Payakumbuh.

Pj. Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten II itu katakan jika saat ini selain fokus untuk pengendalian inflasi, mengentas anak Stunting dan warga yang masuk ke dalam kategori sangat miskin.

“Fokus tersebut tentu saling berkelanjutan, dimana Walikota sebelumnya telah menyampaikan supaya anak-anak yang sedang dalam menuntut ilmu pendidikan, agar mereka tidak mengalami hambatan dalam menjalani,” ucap Asisten II itu meneruskan penyampaian Pj. Walikota Payakumbuh, Kamis (6/10).

Lebih lanjut, telah disalurkannya beasiswa dari Dinas Pendidikan tersebut, Dasril berharap kepada penerima baik siswa maupun mahasiswa agar memanfaatkan sesuai peruntukan yaitu untuk membiayai kegiatan pendidikan dan perlengkapan sekolah/kuliah seperti membeli buku, peralatan sekolah, membayar uang kuliah dan hal-hal terkait kelancaran sekolah dan kuliah para penerima.

Diakhir penyampaiannya, Dr. Dasril juga mengingatkan agar para mustahid (penerima zakat) suatu saat nanti bisa menjadi muzakki (pemberi zakat) melalui peningkatan SDM dari proses sekolah dan kuliah yang diikuti oleh para siswa dan mahasiswa penerima para mustahid ini. Dan mesti berterima kasih dengan mendoa kan para pemberi zakat (muzakki) terutama kalangan guru dan pegawai dilingkungan Dinas Pendidikan yang telah menjadi muzakki melalui Baznas Payakumbuh.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top