Meningkatnya intensitas curah hujan yang menyebabkan terjadinya banjir pada beberapa lokasi di Sumatera Barat menjadi fokus bagi instansi dan organisasi pengelola sumber daya air serta pemerintah setempat. Maka dari itu, diperlukan upaya inspeksi sungai melalui kegiatan susur sungai guna mengidentifikasi gangguan, kerusakan atau perubahan kondisi sungai beserta prasarananya sehingga kerusakan-kerusakan yang ada dapat terdeteksi dan diperbaiki lebih cepat sebelum menyebabkan permasalahan yang lebih besar ke depannya. 

Kegiatan susur sungai (walkthrough sungai) merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan operasi dan pemeliharaan serta dilakukan minimal sekali dalam setahun di luar dari inspeksi darurat saat terjadinya bencana. Pada kegiatan susur sungai tahun ini, kami sangat mengharapkan dukungan dan kontribusi dari Bapak dan Ibu guna diperolehnya data identifikasi kondisi sungai pada 3 lokasi, yaitu Batang Gawan di Kab. Solok dan Batang Kuranji serta Batang Jirak yang berlokasi di Kota Padang yang dilaksanakan pada 22-23 November 2022. Kegiatan susur sungai/ walkthrough sungai ini diikuti oleh lebih kurang 30 orang peserta.

Adapun kegiatan susur sungai/ walkthrough sungai ini bertujuan untuk menginventarisasi kondisi fisik dan non fisik guna mendapatkan masukan dan rencana tindak lanjut serta upaya pencegahan dan penanggulangan daya rusak air pada sungai-sungai rawan bencana. – “Kepala BWS Sumatera V Padang, Dr. Dian Kamila, ST,MT dalam sambutannya, kemarin (22/11)”. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top