Arosuka-- Peresmian Kampung Rendang dan Dapur Rendang Nagari Koto Gaek Guguak di Nagari Koto Gaek Guguak Sabtu, 24/12/22).

Bupati Solok  Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo M.Mar hadir berserta Pimpinan DPRD Ivoni Munir, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM Mulyadi Marcos, SE, MM,  Kepala Bank Indonesia Prov. Sumatera Barat diwakili Manajer Keuangan Novis Fauriandri, Kepala BPOM Prov. Sumatera Barat diwakili Reni Septianti, Kepala Dinas Pertanian Kennedy, Kepala DPMN  Romi Hendrawan, S.Sos, M.Si, Perwakilan Kepala OPD terkait, Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis, Camat Se-Kabupaten Solok, Tokoh Masyarakat Kabupaten Solok  Edisar Dt Manti Basa, Forkopimcam, Walinagari Koto Gaek Guguak Mardi Handerson, Walinagari Se-Kecamatan Gunung Talang, Ketua BPN dan KAN Nagari Koto Gaek Guguak, Tokoh-tokoh Adat dan Agama Nagari Koto Gaek Guguak dan Masyarakat Nagari Koto Gaek Guguak.

Walinagari Koto Gaek Guguak Mardi Handerson mengatakan Kampung Rendang ini terwujud dari Usulan Masyarakat Nagari Koto Gaek Guguak Kepada Bupati Solok pada awal tahun 2022 lalu.

"Turut kami laporkan untuk delapan item usulan saat Musrenbang Tahun 2022 telah terlaksana dengan total anggaran 1,2 Milyar dari dana APBD dan melalui Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi juga telah didapatkan Bantuan dengan total 675 juta dari  dana APBN", katanya.

Untuk prinsip Bupati Solok "Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat" saat ini telah dirasakan oleh masyarakat Nagari Koto Gaek Guguak.

Saat ini demi Legalitas dari Badan POM dan Untuk meningkatkan Kualitas Rendang yang kita miliki, maka turut kita laporkan kepada Bupati Solok bahwa diperlukan beberapa pelatihan bagi UMKM rendang di Koto Gaek Guguak.

Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar menyampaikan dalam Sambutannya Untuk UMKM Rendang ini demi Legalitas dari BPOM sebelumnya Dinas Koperindag telah ditugaskan untuk menyiapkan seluruh Perizinannya.

"Sebelumnya kita telah Meresmikan Rumah Kemasan guna meningkatkan kualitas UMKM di Kabupaten Solok, serta Bagi Nagari Koto Gaek jika benar membutuhkan pelatihan maka nanti akan kita berikan", jelasnya.

"Untuk menjangkau pasar yang lebih luas nantinya juga untuk UMKM Rendang ini akan kita lakukan ekspor ke Negara Singapura", lanjutnya

Untuk meningkatkan kualitas Pertanian di Kabupaten Solok Bupati Solok akan Memberikan 3 Buah mesin Hand Traktor Kepada Nagari Koto Gaek Guguak dan 3 Buah Mesin Cultivator untuk Nagari Jawi-jawi

Dari penuturan Kelompok Rendang bahwa di Koto Gaek telah memproduksi tujuh jenis Rendang diantaranya Rendang Daging, Rendang Ayam, Rendang Cubadak (Nangka), Rendang Kacang Merah, Rendang Ubi Kayu (Singkong), Rendang Jengkol, dan Rendang Kentang. 

Kelompok Rendang Koto Gaek Guguak juga menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya karena bersedia membantu promosi rendang hingga ke Singapura, karena sebelumnya telah bertahun-tahun lamanya belum ada bantuan untuk mempromosikan masakan Khas Minangkabau ini.

Rendang Kota Gaek Guguak sendiri memiliki spesifikasi Hitam Pekat karena dimasak dalam waktu 6-7 Jam yang membuat Rendang ini bisa tahan dalam suhu berapa saja dalam kurun waktu empat bulan atau lebih.

Selanjutnya Bupati Solok lakukan Pemotongan Pita tanda Peresmian Kampung Rendang dan Dapur Rendang Nagari Koto Gaek Guguak.(*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top