Payakumbuh, SUMATRALINE --- Hari Bakti PU 2022 yang diperingati pada Sabtu 3 Desember 2022 merupakan peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum atau disingkat HARBAK setiap tahunnya di tanggal 3 Desember untuk memperingati sejarah peristiwa 3 Desember 1945 di Gedung Sate Bandung. 

Diketahui, tujuan peringatan Hari Bakti PU adalah untuk memperingati sejarah peristiwa 3 Desember 1945 yakni pertempuran di Gedung Sate Bandung.

Tahun ini merupakan peringatan Hari Bakti PU yang ke-77 tahun sejak peristiwa tersebut. Peringatan Hari Bakti PU diselenggarakan oleh Departemen Pekerjaan Umum (PU) di berbagai tempat di seluruh wilayah Indonesia dengan rangkaian kegiatan atau acara tema Hari Bakti PU 2022.

Dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-77 tahun 2022, mulai dari pusat (Kementrian) hingga daerah yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut menggelar rangkaian kegiatan atau acara tema Hari Bakti PU 2022.

Tidak terkecuali di kota Payakumbuh. Dimana dinas PUPR berbagi kebahagiaan di Hari Bakti PU yang ke 77 tahun tersebut yang turut dirasakan oleh masyarakat Kota Payakumbuh dengan berbagai iven yang digelar di halaman Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh, Kamis (1/12).

Adapun untuk rangkaian kegiatan yang dihelat oleh dinas PUPR Kota payakumbuh dalam memeriahkan hari bakti PU yang jatuh setiap tanggal 3 Desember itu seperti pasar murah yang menjual sembako, kosmetik, dan pakaian layak pakai. Juga ada penyerahan paket sembako untuk 90 orang warga miskin. Bahkan, masyarakat yang ada di lokasi acara diberikan kupon undian berhadiah doorprize peralatan rumah tangga dan hadiah menarik lainnya.


Ditemui media disela kegiatan HARBAK ke-77 berlangsung, kepala dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim kepada media menyampaikan pada 1 Desember 2022 telah digelarnya pasar layak, pasar murah, donor darah bersama PMI TNI dan POLRI, lomba masak, dan bola ceria. Sementara itu pada 2 Desember 2022 digelar jalan sehat sembari memungut sampah di Kawasan Batang Agam.

"Dan di tanggal 5 esok puncaknya akan dilaksanakan upacara Hari Bakti PU dihalaman kantor ini," kata Muslim yang turut didampingi oleh Sekretaris Rajman.

Pada pasar murah yang digelar dinas PUPR itu, terdapat pakaian bekas layak pakai yang dijual dengan harga murah, sumber dananya dari sumbangan swadaya dari pegawai di Dinas PUPR. Nanti uang dari penjualan pakaian itu akan disumbangkan kepada masyarakat ekonomi lemah atau kurang mampu.


Dijelaskan kepala dinas PUPR Muslim, semarak Hari Bakti PU pada tahun ini cukup meriah, selain jajaran di PUPR, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan di kantor dinas. Dulu karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Kita juga pada tahun ini memberikan penghargaan pagi PNS dan THL berprestasi. Mulai dari yang ada Bidang, PPTK, PPK, dan THL petugas lapangan," katanya.

Turut juga ditambahkannya, pada hari merupakan hari yang berbahagia bagi orang-orang PU, dimana Tim Futsal PUPR Kota Payakumbuh sukses meraih juara 1 tingkat Provinsi Sumbar, dalam pertandingan yang diikuti tim dari kota/kabupaten dan kantor balai kementerian.


Sementara itu, Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda yang diwakili oleh Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Elzadaswarman yang membuka acara tersebut menyampaikan apresiasi kepada Dinas PUPR yang terus bekerja keras tak hanya untuk urusan infrastruktur saja, namun juga ada kegiatan positif bakti sosial yang memberi manfaat kepada orang lain.

"Selain memberikan pembangunan infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat, iven-iven seperti perbaikan lingkungan dan berbagi kebahagiaan dengan warga kurang mampu ini juga tak kalah penting. Semoga semangat membangun dan berdikari terus ditunjukkan oleh Dinas PUPR Kota Payakumbuh, selamat hari bakti PU ke 77" kata Elzadaswarman alias Om Zet yang juga Ketua PMI Kota Payakumbuh.

Pada kesempatan tersebut, media turut berkesempatan mewawancara salah seorang warga yang ikut hadir di hari Bakti PU ke-77. Ia  menyampaikan sangat terbantu dengan adanya pasar murah yang digelar dinas PUPR ini. Kedatangannya di kantor yang berada di jalan Rasuna Said itu dengan sengaja datang bersama keluarga untuk berbelanja kebutuhan harian seperti telur, beras, gula, dan minyak goreng.

"Kami sangat berterima kasih kepada dinas PUPR. Karna kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan yang digelar dinas PUPR ini, kebetulan rumah kami dekat dengan kantor dinas. Semoga menjadi berkah dan amal ibadah di sisi Alloh Subhanawataa’alla," ujarnya. 


Dinas PUPR Berbagi Kebahagiaan di Sungai Batang Agam

Setelah berbagi kebahagiaan bersama masyarakat dengan menggelar pasar murah dan pakaian murah yang dihelat di halaman kantor, dinas PUPR di hari selanjutnya kembali bagi kebahagiaan bersama seluruh jajaran dinas PUPR dan dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Payakumbuh.

Dengan mengusung tema “DPUPR Bergerak Jaga Ekosistem Sungai Dengan Eco Enzym”, dinas PUPR langsungkan kegiatan di seputaran BWS Sumatra V Batang Agam, Jumat (2/12). Dinas PUPR gelar beberapa rangkaian kegiatan yang diawali dengan menebar cairan eco enzym ke sungai batang agam yang juga diikuti Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda bersama kepala dinas LH Kota Payakumbuh Desmon Corina beserta Camat dan jajaran Lurah se-Kecamatan Payakumbuh Barat.


Saat penebaran cairan eco enzym berlangsung, kepala dinas PUPR Muslim sampaikan jika dinas Lingkungan Hidup sebelumnya telah rutin melakukan upaya monitoring di titik-titik wilayah administrasi pemerintah kota Payakumbuh. Berdasarkan hasil kajian, secara umum hasil pengujian menunjukkan bahwasannya hasil uji kualitas air termasuk kategori bagus karena beberapa indikator yang dipergunakan masih berada di bawah baku mutu yang dipersyaratkan.

“Tapi walaupun demikian, upaya untuk melestarikan kualitas air sungai Batang Agam tetap harus dilakukan. Salah satu upaya pelestarian air sungai adalah dengan memanfaatkan eco enzym yang dibuang ke sungai secara berkala. Hal ini ditujukan untuk selain untuk mengurangi sampah organik yang biasanya dibuang ke TPA, juga mengurai polutan yang ada di sungai serta diharapkan mampu menjadi budaya masyarakat untuk mengolah sampah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sehingga nantinya pada masa yang akan datang Sungai Batang Agam akan tetap lestari dan dapat dinikmati oleh anak cucu kita nantinya," terangnya.


Muslim berharap kedepannya akan dapat terbentuknya budaya cinta air sungai yang nantinya akan mampu menciptakan kelestarian air sungai yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan seperti sumber air bersih bagi masyarakat Kota Payakumbuh, sumber air irigasi yang terbentang di berbagai daerah di Kota Payakumbuh serta sumber air untuk aktivitas lainnya seperti perikanan dan peternakan.

Kegiatan lanjutannya dinas PUPR menggelar jalan sehat sekaligus gotong royong membersihkan sampah di sepanjang bantaran sungai batang agam.


Dalam kegiatan ini, dinas PUPR gelar permainan berhadiah yang diikuti oleh pegawai Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup untuk meningkatkan silaturahmim antar OPD teknis tersebut.

"Semoga kita semua bisa menjaga aset yang begitu berharga bagi keberlangsungan hidup masyarakat di kota ini," harap Muslim. 


Apel Gabungan Hari Bakti, Dinas PUPR Dapat Apresiasi dari Pj. Walikota Payakumbuh



Berlansung di halaman kantor, pelaksanaan hari puncak peringatan Hari Bakti PU ke-77 dihelat dengan menggelar apel gabungan bersama Direktur Perumda Tirta Sago Kota Payakumbuh Khairul Ikhwan dan jajaran, Senin (5/12).

Didapuk sebagai pembina apel, Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda berikan apresiasi terhadap dinas PUPR atas iven yang dihelat yang tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

Dalam sambutannya selaku pembina apel, Rida Ananda kembali mengingatkan dan menyampaikan sedikit penggalan sejarah dari awal mula kenapa Hari Bakti PU diperingati tanggal 3 Desember setiap tahunnya.

Lebih lanjut, Rida berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada dinas PUPR atas keberhasilan OPD teknis tersebut dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur di kota Payakumbuh.

Rida meminta kepada seluruh jajaran PUPR agar tidak langsung berpuas diri dengan hasil yang diraih saat ini, akan tetapi selalu tingkatkan semangat dan etos kerja dalam mendapatkan hasil yang lebih lagi hingga jika bisa dapat melampaui batas dari batas ambang kemampuan diri sendiri,” ungkap Rida.

Diakhir penyampaiannya, Pj. Walikota Payakumbuh itu ajak jajaran dinas PUPR bertindak tepat sero erti motto PU di peringatan Hari Bakti ke-77 yakni bekerja keras, bekerja cepat dan bertindak tepat dalam melaksanakan tugas yang telah diamanahkan.

Tidak lupa, Rida ucapkan selamat kepada seluruh jajaran PUPR, semoga perjuangan yang telah kita lakukan akan menjadi amal ibadah bagi kita semua, dan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

“Semoga Alloh Subhanawataa’alla senantiasa merishoi niat baik dan upaya kerja keras kita bersama,” tandas Rida sambil di-Aamiin kan oleh seluruh peserta apel gabungan tersebut.


Dan setelah apel gabungan digelar, dinas PUPR kembali berikan kebahagiaan bagi jajaran. Dimana setiap ASN dan TJP di dinas PUPR mendapat penghargaa bagi mereka yang telah dinilai sebelumnya oleh dinas PUPR.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top