Payakumbuh, SUMATRALINE — Guna dapat mewujudkan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar), Kelurahan Tiakar terus genjot untuk selalu produktif dalam berkegiatan, yang mana salah satunya kegiatan kolaborasi kelurahan bersama Puskesmas Tiakar.

Kegiatan yang merupakan pilot projek dari kelurahan Tiakar yang termasuk dalam lingkungan kerja Puskesmas ini merupakan kolaborasi bersama Puskesmas Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur. 

Bertempat di kantor Lurah Tiakar, Jumat (2/12) Ari Ashadi selaku lurah Tiakar gelar kegiatan Posyandu Remaja yang diikuti oleh Doni Arisandi, SKM, selaku Kepala Puskesmas, Pendamping Wilayah (PW) Tiakar Linda, Bhabinkamtibmas Robi Yaswali, dan para pemuda dan pemudi yang akan ikut serta untuk mensukseskan Posyandu Remaja.

Diketahui, Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan.

Dihubungi media setelah kegiatan berlangsung, Lurah Tiakar Ari Ashadi katakan jika Posyandu Remaja sama layaknya Posyandu Balita dan Lansia. Posyandu remaja ada kadernya juga. Saat ini sudah 5 orang kader pemuda pemudi kita dalam program ini, dan begitu juga dengan buku-buku administrasi pemeriksaan kesehatan untuk para remaja kita,” ungkap Ari.

Khusus Kegiatan Posyandu Remaja, Ari mengungkapkan bahwa telah membuat satu sesi sosialisasi Narkoba untuk para remaja. Dengan menghadirkan narasumber Gery Wiliando selaku pemateri, lurah Tiakar itu panjatkan puji syukur atas lancar dan suksesnya berjalannya kegiatan dari awal sampai selesai.

“Alhamdulillah, semua yang hadir terlihat antusias terhadap bahan materi yang dipaparkan oleh narasumber kita. Dan tentunya kami sangat berterima kasih kepada BNNK Payakumbuh karna telah turut ambil andil dalam mendukung atas kegiatan ini,” ucap Ari.

Ari berharap dengan telah berlangsungnya kegiatan tersebut, akan dapat menjadi awal langkah bagi remaja lain yang belum bergabung dalam Posyandu Remaja.

“Mudah-mudah an mereka akan menjadi duta bagi remaja-remaja lainnya,” harapnya.

Ari menyampaikan bahwa kegiatan Posyandu remaja telah dijadwalkan akan berlangsung sekali dalam sebulan. 

“Harapan kita tentu makin hari akan banyak lagi remaja-remaja kita di Tiakar yang ikut program ini. Disini juga dilaksanakan kegiatan pemeriksaa kesehatan gratis. Sebab, tidak sedikit sekarang remaja-remaja di usia yang masih belia sudah terdapat penyakit-penyakit yang diebabkan karena adanya faktor resiko keturunan dan pola hidup sehat yang tidak mereka dapatkan,” beber Ari.

Diakhir penyampaiannya, Ari katakan jika akan menargetkan capaian dari kegiatan Posyandu Remaja tersebut agar dapat menjadikan Tiakar sebagai Kelurahan yang ramah terhadap balita, remaja dan Lansia dengan aktif bergerak menjalankan program kegiatan Posyandu.

"Sekarang kita konsen di Kelurahan Tiakar. Kalau ini berhasil kedepan akan kita Garap Kelurahan lainnya yg berada di wilayah Puskesmas Tiakar," tutup Ari menirukan atas  penyampaian kepala Puskesmas Tiakar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top