Padang- Menindaklanjuti arahan Menteri Agama,  Kakanwil H Helmi mengikuti Rapat secara virtual Senin,( 30/01) diruang kerja Kakanwil Kemenag Sumbar. Rapat koordinasi, sinkronisasi dan kolaborasi ini beragendakan tentang Percepatan Digitalisasi pada Kementerian Agama.

Rapat turut dihadiri Kabid Pendidikan Madrasah H Hendri Pani Dias, Kabid Penaiszawa H Yufrizal, Pembimas Kristen Yesri Elfis, Pembimas Katolik Hendrikus Jomi, Pembimas Buddha Muryadi Eko Priyanto, Pembimas Hindu Jumadi, Kakankemenag Kabupaten/Kota,Kepala Balai, Kepala UPT dan JFT Prakom Gopi Bermana sebagai operator.

Sekjen Nizar Ali menyampaikan arah kebijakan digitalisasi Kemenag adalah Terwujudnya Kemenag sebagai pusat pelayanan pendidikan dan keagamaan yang cepat, tepat, akurat dan terintegrasi sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

Aplikasi pusaka sebagai aplikasi terintegrasi untuk semua layanan Kemenag, tujuannya untuk melayani umat sesuai dengan tusi Kemenag kependidikan dan keagamaan. Melayani layanan publik nikah, haji, pengaduan masyarakat, serta layanan lainnya.

Sekjen mengaku aplikasi Super Apps akan terus dikembangkan. Pertama pengembangan fitur dashboard menteri agama. Kedua integrasi layanan pendaftaran pendidikan seperti aplikasi SMART, UNPTKIN supaya bisa masuk ke aplikasi Pusaka Super Apps. Ketiga, Integrasi pelayanan pengaduan dan terakhir integrasi layanan Kemenag lainnya dan update data untuk masing masing unit eselon I untuk diintegrasikan ke aplikasi Pusaka seperti dana bantuan, beasiswa.

Menyikapi hal itu itu Kakanwil Helmi ikut mengemukakan progress capaian  program implementasi digitalisasi di kanwil Kemenag Sumbar. Dalam laporannya,  H Helmi menuturkan sejak tahun 2022, Kanwil Kemenag Sumbar telah mengaplikasikan transformasi digital yang merupakan salah satu dari 7 program prioritas Kementerian Agama.

Menurut Helmi dengan adanya aplikasi ini mendukung terselenggaranya salah satu dari 7 program prioritas Kementerian Agama yakni transformasi digital.

Kedepan, terhitung mulai 1 Februari Kakanwil Helmi menyebut untuk presensi, laporan kinerja harian, data akan dilakukan dan diinput melalui aplikasi PUSAKA Super Apps Kemenag.

Kedepan aplikasi ini akan digunakan di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumbar dan secara berkesinambungan akan diterapkan diseluruh kabupaten/kota se-Sumbar.

Selain itu untuk tata persuratan pihaknya menyebut telah menerapkan Aplikasi Srikandi. Hal itu menurutnya menjadi penting dalam rangka mempermudah layanan kepada masyarakat.

Dengan adanya aplikasi Srikandi integrasi kearsipan, kemudahan layanan informasi kearsipan berbasis analog dan digital di lingkungan Kanwil Kementerian Agama dapat terekam dengan baik sebagai bukti akuntabilitas  serta bisa diakses dengan mudah dan fleksibel.

“Kami mohon arahan pak Sekjen, apakah nanti program Pelita-Ok bisa kita lanjutkan atau digabungkan saja dengan aplikasi Pusaka, karena ini juga sudah berjalan,”ucapnya.” Terangnya.

Sehubungan dengan upaya melakukan kreasi dan inovasi dalam transformasi digital, terus dilakukan Kanwil Kemenag Sumbar melalui program Pelita-OK. Dimana dalam Program ini terdapat lima aplikasi yang sudah berjalan hingga saat ini. Diantaranya Aplikasi e-Guestbook (buku tamu) berfungsi untuk meminimalisir penumpukan dan antrian tamu yang datang.

“Para tamu akan mengisi permintaan untuk bertamu ke Kanwil atau Kankemenag dan akan dibalas dengan estimasi waktu menerima tamu, ini sudah terlaksana,” katanya.

Kedua, e-Agenda Pimpinan, berfungsi sebagai informasi atas agenda pimpinan terhadap publik.

Ketiga, e-BMreg GTK Madrasah, dalam aplikasi ini terdapat bezetting, register guru madrasah dan kenaikan pangkat, e-dupak PAIF yang mempermudah kenaikan pangkat penyuluh dan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) oleh 20 satker (1 Kanwil dan 19 Kabupaten/Kota).
Selain itu, Kakanwil Helmi juga menuturkan saat ini pihaknya terus berupaya untuk melakukan afirmasi moderasi dan kerukunan beragama di Sumbar. "Alhamdulillah itu terus berjalan semakin baik, dan harmonisasi dengan pemeluk agama lain pun terjalin baik," katanya.

Terakhir Kakanwil menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian dan kepedulian Gusmen terhadap daerah 3T.

“Kabar baiknya pejabat eselon I dari Kemenag RI yang langsung datang ke Kepulauan Mentawai, mudah -mudahan ini membawa berkah dan hal ini turut diapresiasi Bapak Gubernur Sumbar, “ungkapnya.(rls) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top