Padang-- Hari ini Rabu, 04 Januari 2022 tepat pukul 10.00 WIB sesuai rencana, lomba Tahfidzul Qur'an antar Madrasah Ibtidaiyah (MI)/ Ponpes tingkat Ula dilingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar telah dimulai.

Lomba Tahfidzul Qur'an ini merupakan salah satu cabang lomba yang diselenggarakan rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 77 di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat.

Saat meninjau perlombaan, Kakanwil Kemenag Sumatera Barat H Helmi menyebutkan tujuan lomba Tahfidzul Qur'an ini diselenggarakan adalah selain menguatkan rohani juga dalam rangka menumbuhkan kebiasaan baik menghafal al-qur'an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus mempererat silaturahmi antar keluarga besar Kanwil Kemenag Sumbar.

" selamat mengikuti lomba, dan mari jadikan pendidikan Qur'an sbg pembentukan ahklak bagi anak-anak kita, semoga bisa menjadi generasi yang bermanfaat bagi orang banyak, " tutur Kakanwil.

Kakanwil juga berharap melalui lomba Tahfidzul Qur'an ini dapat melahirkan kader-kader yang nantinya bisa menjadi kafilah Sumatera Barat untuk berlomba pada MTQ Nasional.

Afrizal salah seorang panitia penyelenggara dari bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar melaporkan bahwa peserta lomba hari ini khusus untuk siswa atau santri tingkat MI/ Ula dengan materi hafalan untuk 1 juz yakni juz 30 atau juz 1.

Ia melaporkan tidak saja untuk tingkat MI/ Ula, masing-masing jajaran Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota akan mengutus hafidz dan Hafidzah terbaik dari tingkat MTs/ Wustha dan MA/ Ulya yang siap bersaing sampai tanggal 06 Januari 2023.

" alhamdulillah, hari ini 29 peserta hafidz dan Hafidzah utusan MI/ Ula dari Kabupaten/ kota telah berlomba dan esok serta lusa akan dilanjutkan untuk tingkat Mts dan MA, " pungkasnya.

Ia meneruskan jumlah materi hafalan yang akan diuji untuk tingkat MTs/Wustha adalah 2 juz dan tingkat MA/ Ulya 3 juz. rzk

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top