Padang--Setelah sukses melaksanakan upacara puncak peringatan Hari Amal Bhakti ke 77 pada Selasa (03 Januari 2023), kemeriahan berlanjut dengan pembukaan rangkaian perlombaan perlombaan tingkat Provinsi Sumatera Barat, Rabu (4/1//23). 

Bertempat di lapangan upacara Kanwil Kemenag Sumbar, Ratusan keluarga besar Kementerian Agama se Sumatera Barat menghadiri pembukaan rangkaian perlombaan dalam rangka memeriahkan HAB ke 77 tingkat Provinsi Sumatera Barat ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi. 

H. Hendri Pani Dias, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa berbagai perlombaan yang dilaksanakan ini disamping sebagai mengekspor kegiatan fisik, seni dan spritual, kegiatan rangkaian HAB 2023 ini juga menumbuhkan persahabatan yang bernilai sportifitas yang tinggi, menumbuhkan semangat menjaga kesehatan, mengembangkan seni dan publikasi ilmiah sekaligus memperebutkan hadiah hadiah perlombaan. 

Adapun jenis perlombaan yang diadakan, pertandingan bulu tangkis antar ASN Kementerian Agama, lomba filem pendek smoderadi beragama antar siswa dan santri madrasah dan pondok pesantren, lomba shalawat dulang, lomba penulisan biografi, lomba penulisan cerita pendek bertemakan trasnformasi digital antar siswa dan santri pondok pesantren, lomba tahfidzul quran antar siswa MI, MTs, MA, dan Pondok Pesantren, lomba mars Kementerian Agama, lomba menarik dan ceria antar DWP Kemenag Kabupaten Kota yang hari ini dilaksanakan, lomba Asmaul Husna pacu sarung, kukur kelapa, masak sarapan pagi non beras untuk keluarga.

Hendri Pani Dias menambahkan bahwa juga telah dilaksanakan kegiatan anjangsana kepada keluarga kurang mampu pada tanggal 3 Januari 2023. 

"Nanti juga akan dilaksanakan Tasyakuran pada hari Kamis tanggal 12 Januari 2023, dan gerak jalan sehat kerukunan serentak se Indonesia pada tanggal 14 Januari," tambahnya. 

Kemudian ia juga menginformasikan bahwa rangkaian lomba lomba lingkup intern Kanwil Kemenag Sumbar juga telah dilaksanakan dari tanggal 21 Desember 2022. 

Sedangkan untuk perlombaan tingkat Provinsi tingkat Sumatera Barat dilaksanakan pada tanggal 04 Januari hingga 06 Januari 2023 bertempat di Kanwil Kemenag Sumbar. 

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi yang hadir bersama ketua DWP. Kanwil Kemenag Sumbar, Ny. Nazifah Helmi mengawali sambutannya dengan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Bidang, Pembimas dan Kakan Kemenag Kabupaten Kota yang telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 77 Tahun 2023. 

"Dan puncaknya kemaren kegiatan upacara bendera dan dari laporan diterima seluruh Kabupaten Kota yang melaksanakan semua berjalan sukses dan lancar," ujar H. Helmi. 

Ditambahkannya, Hari ini hingga tiga hari kedepan kita melaksanakan kegiatan tingkat Sumatera Barat, tentu saja tujuan utama kegiatan ini bukan untuk memcari juara tapi lebih ke Silaturahmi dan menjalin kekompakan serta kebersamaan kita sesama warga Kementerian Agama. 

"Tentunya dari pertemuan ini dimana semua hadir daei berbagai Kabupaten Kota termasuk dari Balai Diklat Keagamaan Padang, UPT. Asrama Haji Padang, akan terjadi interaksi maka ambillah hal baiknya dengan menggunakan rumus ATM (Ambil, Tiru dan Modivikasi)," tambahnya. 

"Mari ikuti dengan baik utamakan silaturahmi, jangan sampai hal kecil merusak silaturahmi dan kekompakan kita, pesan Kakanwil. 

Terakhir Kakanwil mengimbau kepada semua agar mengikuti kegiatan tasyakuran yang diagendakan pada tanggal 12 Januari 2023, dan Gerak Jalan Kerukunan serentak se Indonesia pada hari Sabtu tanggal 14 Januari 2023. 

Kegiatan pembukaan rangkaian perlombaan ini juga dihadiri Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang, Kepala UPT Asrama Haji Padang, Kakan Kemenag Kabupaten Kota se Sumatera Barat beserta Ketua DWP nya, pimpinan Bank Mandiri, Bank BSI, Bank Nagari Syariah dan Bank BRI serta seluruh kontingen berbagai cabang lomba. (DW/rls)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top