Guna menciptakan kedisiplinan dan menggugah etos kerja agar lebih bersemangat melayani masyarakat, Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Kodim 0308/Pariaman Serda Riko Gusrianto melaksanakan Apel Pagi bersama Wali Nagari dan Aparatur Nagari Toboh Gadang Barat yang digelar di Halaman Kantor Desa setempat, Senin (20/02/2023).

Dalam Apel Pagi tersebut, Babinsa diberikan kepercayaan sebagai Pemimpin Apel untuk memberikan arahan ataupun motivasi agar Perangkat Desa yang hadir agar lebih giat lagi dalam membantu kerja Wali Nagari selaku Pimpinan di Desa.

Menurut Babinsa, Apel Pagi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kekompakan antara Aparatur Desa agar lebih harmonis dan kompak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun yang paling utama adalah, ini merupakan mekanisme Babinsa dalam mengaktifkan Kantor Desa di hari kerja.

Dalam prolognya, Serda Riko Gustianto memberikan apresiasi kepada pada Aparatur Desa yang telah berkenan hadir tepat waktu. Dirinya juga meminta agar hal sederhana ini tetap dipertahankan bahkan di tingkatkan lagi kedepannya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada para Aparatur Desa yang telah menepati waktu, tentunya ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. Karena mau tidak mau suka tidak suka Kita adalah perpanjangan tangan dari Pemerintah untuk melayani masyarakat. Untuk itu, mari sama – sama Kita aktifkan Kantor Desa agar dapat memberikan pelayanan yang optimal dan maksimal yang berlandaskan nawaitu keikhlasan”, ujar Serda Riko Gustianto.

Sebagai pelayan masyarakat, sambung Babinsa, maka setiap individu harus memiliki metode atau program yang terencana agar setiap beban kerja yang diberikan dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan.

“Kami mengingatkan kepada para Aparatur Desa agar tertib Administrasi, terutama yang berkaitan dengan SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) guna menghindari kekeliuran ataupun kerancuan yang bisa menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat. Budayakan untuk selalu tertib Administrasi, apalagi yang menyangkut dengan dana pakai ataupun dana operasional. Jika Administrasi sudah tertib, maka tidak akan ada multi tafsir yang berkembang di tengah masyarakat. Jadi, mari Kita tanamkan dalam benak Kita untuk selalu disiplin waktu, disiplin Administrasi dan disiplin dalam melayani masyarakat”, tegas Babinsa.

Kendati demikian, Babinsa menambahkan apabila ada kendala – kendala agar segera melaporkan kepada Wali Nagari ataupun Tiga Pilar Desa lainnya agar dapat diatasi seektif mungkin. Termasuk yang menyangkut segi keamanan lingkungan, sekecil apa pun itu harus selalu koordinasi, baik di sampaikan melalui jaringan seluler via Telephon maupun jalur WhatsAp sebagai langkah lapor cepat.

“Mari sama – sama Kita bersinergi demi membangun dan mensejahterakan masyarakat Toboh Gadang Barat. Semoga wadah Apel Pagi ini dapat memberikan secercah semangat dan motivasi agar para Aparatur Desa semakin disiplin dan lebih rajin lagi dalam memberikan pelayanan yang terbaik serta jadikan Kantor Desa sebagai Rumah ke dua”, pesan Babinsa.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top