Padang – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat melakukan edukasi terhadap pengendara melalui Kampanye Keselamatan yang digelar di Simpang Telkom Kota Padang pada Rabu sore.

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Hilman Wijaya di Padang, Rabu mengatakan kampanye keselamatan berlalu lintas ini digelar dalam rangka Operasi Keselamatan Singgalang 2023 yang dilakukan secara humanis terhadap pengendara yang melalui jalur tersebut.

“Kita menggunakan langkah preventif agar masyarakat sadar akan pentingnya tertib berlalu lintas dengan melengkapi kelengkapan berkendara,”ungkapnyam

Dalam pelaksanaannya, petugas memperlihatkan papan informasi yang menjadi target sasaran polisi lalu lintas dalam menertibkan pengendara. Selain itu pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan pengendara dan mereka yang lengkap diberikan hadiah.

“Kita juga menyediakan bengkel untuk pengendara yang tertib agar kendaraan mereka dapat diperiksa montir dengan gratis,” pungkasnya.

Pihaknya menyediakan montir untuk memeriksa kendaraan masyarakat yang akan lewat, apakah layak untuk berkendara. Ini untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan.

Polisi lalu lintas juga membagikan helm gratis dan brosur keselamatan dan memeriksa seluruh kelengkapan pengendara dan kondisi kendaraan pengguna jalan.

Tidak hanya itu saja, Korps Lalulintas Polda Sumbar ini juga menggelar panggung hiburan untuk menghibur pengendara yang lewat dan melibatkan Jasa Raharja, Satlantas Polresta Padang dalam melaksanakan kampanye keselamatan berlalu lintas, dalam rangka Operasi Keselamatan Singgalang 2023,

Pada Operasi Keselamatan Singgalang 2023 ini, pihaknya lebih fokus untuk memberikan edukasi dan preventif kepada masyarakat.

“Selama ini kita banyak pada penegakan hukum, saat ini kita menggunakan metode lain, metode kampanye,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan adanya kampanye ini, masyarakat lebih memahami, faktor-faktor penyebab kecelakaan adalah kondisi kendaraan dan juga keterampilan mereka dalam mengendarai kendaraan.

“Ini salah satu upaya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan mengajak masyarakat tertib berlalu lintas,” tutupnya. (***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top