Payakumbuh, SUMATERALINE  - Pangan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia, sehingga tuntutan pemenuhan pangan merupakan pemenuhan hak azasi setiap individu. Oleh sebab itu, Dinas Ketahanan Pangan kota Payakumbuh menggelar rapat koordinasi tentang program dan kegiatan tahun 2023 di Aula Kantor Bukik Sibaluik, Selasa (14/02/2023) 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda dan dihadiri oleh Seluruh Kepala OPD Kota Payakumbuh. 

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Rida Ananda mengatakan saat ini pemerintah sedang berfokus pada penanganan stunting dan kemiskinan ekstream. Dimana di tahun 2024 nantinya target penurunan stunting mencapai 14 %. 

"Untuk itu diharapkan kepada Dinas Ketahanan pangan untuk mempercepat program  penanganan stunting dan kemiskinan ekstream agar dapat mecapai target yang sudah ditentukan," Ujar Rida

Rida juga menegaskan pentingnya perwujudan ketahanan pangan. Hal ini sudah ditegaskan pada pasal 45 Undang-undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan,  Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2002 dan dalam PP 38 Tahun 2007 yang menetapkan ketahanan pangan sebagai urusan wajib pemerintah daerah, " tegas Rida

Ditambahkannya, Rapat kali ini memiliki arti yang sangat penting mengingat pada saat ini banyak Negara sedang dihadapkan pada krisis pangan, antara lain ditandai dengan naiknya harga bahan pangan di pasaran dunia yang memicu kenaikan harga bahan pangan dalam negeri. Kondisi ini tentu akan memberikan pengaruh yang kurang baik bagi ketahanan pangan khususnya di Kota Payakumbuh. 

Diakhir smabutannya, Rida menghimbau kepada seluruh Kepala OPD untuk bersama-sama berupaya memecahkan berbagai persoalan yang muncul terkait ketahanan pangan. 

 "Mari bersama kita upayakan langkah-langkah dalam memecahkan persoalan terkait ketahanan pangan, diantaranya memantapkan ketersediaan pangan untuk menuju kemandirian pangan, berupaya secara konsisten mengurangi stunting, kemiskinan ekstream dan pengangguran serta memberikan dorongan kepada masyarakat untuk melakukan diversifikasi makanan dengan mengurangi ketergantungan terhadap bahan pangan tertentu dan mengembangkan sistem kewaspadaan pangan dan gizi, "tutupnya

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh Edvidel Arda mengatakan Dinas Ketahanan Pangan memiliki beberapa program kerja pada tahun 2023 diantaranya penanggulangan Inflasi, penanggulangan Stunting dan pennaggulangan kemiskinan Ekstream. 

Adapun beberapa program yang dilakukan diantaranya :

1.Gebu (Gerakan Seribu Serhari) 

Warga miskin ekstrim yang menjadi tangungan Dinas Ketahanan Pangan

2. Suka Palo ( Suka Makan Pangan Lokal ) 

Dinas ketahanan pangan melalui gerakan percepatan diversifikasi  konsumsi pangan lokal non beras dan non terigu dengan mengurangi konsumsi beras dan terigu pada setiap rapat, sosialisasi dan pelatihan

3. Siaga Pasti ( Sistim informasi Harga Pangan Pokok Strategis Terintegrasi) 

Dinas ketahanan pangan Kota Payakumbuh  berkolaborasi dengan radio safasindo dan dinas kominfo dalam menyebarluarkan informasi harga setiap hari melalui media sosial, aplikasi my kopay dan aplikasi panel harga pangan. 

" Semoga program kerja tahun 2023 yang telah disusun dapat terlaksana dengan baik dan diharapkan arahan dan kerjasama dari seluruh OPD terkait," Pungkasnya (humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top