Payakumbuh, SUMATERALINE --- Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menghadiri Expose/paparan Kepala Dinas Pendidikan terkait Program dan Kegiatan Dinas Pendidikan dan Laporan Realisasi bulan Januari dan Februari 2023  bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, pada Selasa (14/2). 

Kegiatan ini digelar dalam rangka optimalisasi dan percepatan realisasi anggaran tahun 2023.

Dalam sambutannya, Pj. Wako Rida Ananda menyampaikan kalau dirinya dituntut untuk meningkatkan serapan anggaran di tahun 2023, dalam hal ini Dinas Pendidikan selaku urusan wajib dan pelayanan dasar harus meningkatkan serapan anggaran di triwulan I dan mengejar target yang telah direncanakan.

"Kita harap dinas menggunakan brand The City of Randang di setiap kegiatan dan ikut serta dalam School of Randang sebagai salah satu inovasi unggulan yang ada di Kota Payakumbuh," ujarnya.

Rida menambahkan, untuk penanganan inflasi, diharapkan kepada seluruh sekolah dan organisasi perangkat daerah untuk melaksanakan penanaman cabe dan bawang di lingkungan masing-masing. 

Sementara itu, untuk stunting dan kemiskinan ekstrem diharapkan seluruh sekolah bertanggung jawab dengan berbagai cara, bisa dengan donasi seribu rupiah bagi ASN, menjadi orang tua asuh, melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial, DP3AP2KB, Dinas Kesehatan.

"Kami mengharapkan pimpinan kegiatan agar membuat rencana terukur dan jelas sehingga bisa dicapai hasil yang maksimal. Dan diharapkan kepada kepala bidang dan kepala dinas dapat mengawal rencana kegiatan tersebut dan ditagih sehingga pengawasan dapat berjenjang dan melekat," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril menyampakan paparan/expose rencana pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2023 dan rencana aksi dalam rangka percepatan serapan anggaran dan kegiatan untuk triwulan ke III.

Dasril mengatakan tujuan utama kegiatan ini adalah agar dinas pendidikan dapat mendapat masukan dan saran dari stakeholder terutama pimpinan daerah yakni wali kota, sekda, pimpinan OPD, dan mitra terkait dengan program dan kegiatan 2023.

"Kami berharap semua perangkat daerah yang hadir terutama yang bermitra dengan Dinas Pendidikan dapat memahami, mensupport, memberikan masukan sehingga target program dan kegiatan Dinas Pendidikan tahun 2023 bisa dilaksanakan lebih baik, tepat sasaran, tepat waktu demi suksesnya program dan kegiatan dan majunya dunia pendidikan," tambahnya.

Juga ada masukan dan saran dari Kepala Badan Keuangan Daerah Safwal tentang mekanisme retribusi sewa rumah dinas dalam pengadministrian dan pembayaran sewa rumah sekarang bisa melalui aplikasi Q-Ris, pengadaan barang dan jasa, serta percepatan penginputan RKAS BOS/BOSP.  

Dalam kegiatan itu, juga dilaksanakan penyerahan bantuan kuliah Baznas Payakumbuh dalam Program Payakumbuh Cerdas Berkarakter untuk guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensi melalui pengambilan kuliah S-1 sebanyak 30 orang terdiri dari guru dan tenaga pendidik Paud, TK, SD dan SMP.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat dari Inspektorat, Bappeda, pimpinan OPD mitra kerja seperti Dinas Kesehatan, Dinas Nakerin, Dinas P3AP2KB, Disdukcapil, Dinas Kominfo, Disparpora, Dinas PUPR, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Bagian Kesra, dan Bagian Dalbang. Turut hadir perwakilan Kepala SD (sekolah inti), kepala SMP Negeri, pimpinan komunitas Guru seperti IGI, PGRI, dan Himpaudi. (Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top