SUMATERA BARAT
-Tanggal 31 Oktober 2022 saya diminta langsung oleh Prof. Ansofino, rektor Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA) untuk memberi kuliah umum dan memotivasi sekitar 400 calon wisudawan dan wisudawati beserta para dosen dikampus tersebut. Dan Alhamdulillah karena schedulenya cocok saya dengan senang hati menerimanya.


Dan Prof. Ansofino langsung mendampingi saya ketika memberi " kelas inspirasi " tersebut. Dalam kelas tersebut saya bicara tentang SOTOPREUNERSHIP (social tourism interpreunership) yang membuat saya mendapat penghargaan dari Risk Management Academy - Singapore karena ide saya tersebut dianggap hal baru untuk dunia kepariwisataan dunia.


Setelah saya bicara dan sebelum sesi tanya jawab diberikan oleh moderator, tiba - tiba saja seorang calon wisudawati langsung berdiri dengan semangatnya.


Dia mengenalkan bahwa namanya Upit (Fitri) berasal dari nagari Sungai Pisang. Dan dia menjelaskan bahwa ini adalah pertemuan ke 4 kalinya dengan saya. Ketika tamat SMA dia menganggur 3 tahun karena tidak ada biaya untuk melanjutkan kuliah. Tapi setelah mengikuti salah satu kelas dengan saya akhirnya dia termotivasi dan berani membuka usaha sendiri dibidang pariwisata dengan nama " Xasuku Travel ". Alhamdulillah dia akhirnya bisa melanjutkan kuliah dan membantu keluarganya. Subnallah walhamdulillah.


Seorang Guru Besar yang saya kagumi.


Saya mengenal Prof. Musliar Kasim pertama kali ketika beliau masih menjabat sebagai rektor Universitas Andalas ( UNAND ). Orang yang sangat saya kagumi sampai sekarang. Beliau yang sedang giat - giatnya melaksanakan program kewirausahaan pada saat itu dikampusnya  Waktu itu beliau meminta saya langsung untuk memberi kelas kewirausahaan khususnya tentang pariwisata setelah membaca beberapa profile saya dimedia nasional. Dan akhirnya kami bekerjasama cukup intens dalam mendidik dan mencetak profesional baru dalam dunia wisata. Dan Alhamdulillah dalam program tersebut banyak lahir perusahaan travel dan experiential learning dari kampus tersebut.


Tidak sampai disana saja. Bahkan ketika beliau diangkat jadi wakil menteri pendidikan kami tetap bekerjasama. Dan salah satu sumbangan kami untuk Indonesia dan program baru dikementrian tersebut adalah "Akademi Komunitas".


Menjadi Mahasiswa Yang Mandiri Dengan Program Quizta


Dan untuk lebih membawa hasil yang lebih maksimal bagaimana mencetak pionir - pionir pariwisata baru dari kampus, Prof. Musliar Kasim yang sekarang menjadi rektor di Universitas Baiturahmah ( UNBRAH ) meminta saya dan Green Tourism Institute diawal semester genap uni akan memasukan program Quizta kepada para mahasiswa yang tertarik dalam dunia pariwisata.


QUIZTA adalah singkatan dari Kuliah Sambil Bisnis Pariwisata. Salah satu program kewirausahaan dari Green Tourism Institute. Dengan target kami bagaimana dalam waktu 6 bulan bagi para mahasiswa yang tertarik dalam program ini bisa minimal mampu membayar uang kuliah mereka sendiri.


Terima kasih Prof. Musliar Kasim


Thanks for being a Green Friend of Indonesia !


www.sumatraandbeyond.co

International Green Tour Operator

Support for

Green Tourism Institute 


Padang 7 Juli 2023

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top