Tanah Datar-sumateraline. Com (04 Februari 2023) 

Nagari Parambahan luas persawahan sekitar 100 hektar kondisi sekarang sawah tersebut masih bannyak mengandalkan tadah hujan. Area persawahan disini cukup luas namun masyarakat menggarap selalu bergiliran untuk mendapatkan Air. 
Hal itu disampaikan Wali Nagari Parambahan Roby Yasdi di pembukaan Akek Pacu Jawi Sawah Dampiang, Jorong Tigo Niniak Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum yang dihadiri Bupati Eja Putra, SE. MM pada Sabtu (04/02) 

Kami sudah dua tahun lamanya tidak menyelenggarakan Akek Pacu Jawi, karena sawah tidak ada yang digenangi air tidak bisa di laksanakan Pacu ini. 

"Sekarang Alhamdulillah Nagari Sungai Jambu mau membantu mengalirkan air agar terlaksana  Pacu Jawi di Nagari Parambahan. Karena itu kami sangat berharap bantuan untuk membangun kapalo banda agar keluhan masyarakat terhadap pengairan sawah bisa teratasi," Harapnya. 

Menyangkut dengan itu juga disampaikan salah seorang  tokoh masyarakat H. Zuldafri Darma. Menurutnya sebanyak 70% sawah masyarakat di Nagari Parambahan hanya mengandalkan air tadah hujan. 

"Oleh karena itu kami berharap kepada Bupati sekiranya bisa membantu membangun irigasi untuk masyarakat Nagari Parambahan," Ujar Zuldafri Darma yang juga mantan Wakil Bupati dan Bupati 2020-2021.

Lebih lanjut Zuldafri Darma juga katakan, terkait dengan olah raga Pacu Jawi sangat erat hubungannya dengan adat budaya masyarakat, melalui Alek Pacu Jawi Tanah Datar semakin dikenal dan dikunjungi 
oleh wisatawan mancanegara. 

Kita sudah masuk tahun politik suasana mulai panas, mari kita jaga kekompakan jangan sampai terpecah-pecah hanya karena berbeda pilihan, tentukan siapa yang akan mewakili duduk di DPRD Kabupaten atau DPRD Provinsi. 
Karena selama ini tidak ada anggota Dewan yang berasal dari sini sebagai mitra untuk Bupati dalam membangun Nagari kita Parambahan, tambahnya. 

Di kesempatan tersebut Bupati Eka Putra mengatakan, Alek Pacu Jawi merupakan tradisi masyarakat yang sudah ada sejak dari nenek moyang kita dulu, untuk itu ini harus terus kita jaga dan lestarikan. 

Mari terus kita lestarikan warisan budaya dari nenek moyang kita ini dan mari terus kita jaga kekompakan, jangan sampai kita terpecah belah hanya disebabkan oleh pelaksanaan alek ini. Mari kita saling menjaga toleransi diantara sesama, Saya berharap sejak mulai kita buka hari ini alek Pacu Jawi di sini berjalan lancar sampai akhir," harap Bupati. 

Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas terkait juga akan terus mempromosikan alek Pacu Jawi ini dan salah satu yang dilakukan oleh Pemda Tanah Datar adalah dengan membuat agenda wisata Tanah Datar. 

"Terkait dengan permintaan Wali Nagari Parambahan untuk membangun kapalo banda di Nagari tersebut, Bupati Eka Putra berjanji pada tahun ini sesuai keinginan masyarakat akan segera dibangun, " Janji Bupati. 

Turu hadir selain Bupati Eka Putra juga Kadis Parpora yang diwakili, Forkopinca, Camat Lima Kaum Ikrar Fahlefi, Kapolsek Lima Kaum Iptu Fitrianto, Danramil yang diwakili Babinsa, Ketua LKAAM juga sebagai Ketua Porwi, Wali Nagari Parambahan Roby Yasdi, BPRN, Niniak Mamak, Ketua Pemuda Pancasila. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top