Surabaya- Rektor UIN IB, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag tahun 2023 di Surabaya, Sabtu (4/2/2023).

Rakernas yang dibuka oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengangkat tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

Tahun 2023 dideklarasikan oleh Menag sebagai Tahun Kerukunan Umat Beragama. Menag berpesan agar seluruh jajarannya ikut berupaya dalam mencegah politisasi agama di rumah ibadah dan lingkungan masyarakat sebab sudah menjadi tugas ASN Kemenag untuk memastikan kerukunan umat tetap terjaga baik di tahun politik.

Selain itu, Menag juga berpesan seluruh jajaran di bawah Kemenag untuk dapat memberikan respons cepat, jelas, detail, serta tepat atas semua isu dan masalah keagamaan yang terjadi di tengah masyarakat. Respons cepat sangat penting karena selain dapat menenangkan publik, juga merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat.

Hal lain yang juga ditekankan oleh Menag dalam Rakernas, yaitu profesionalisme ASN, komitmen anti korupsi, realisasi program prioritas, dan target 10 juta sertifikasi halal.

Rektor UIN IB dalam pesannya sewaktu dihubungi oleh humas mengajak kepada seluruh ASN di bawah naungan UIN Imam Bonjol Padang untuk menindaklanjuti amanat Menag tersebut dengan fokus bekerja serta menjadikannya prioritas dalam pelaksanaan program kerja di tahun 2023.

Acara yang dilaksanakan secara blended ini dihadiri secara langsung 294 peserta dari unsur Pejabat Unit Eselon I, II, III, dan IV Kemenag Pusat, Staf Ahli, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menag, Pimpinan PTKN, Kepala Kanwil Kemenag dan bergabung secara daring para Kepala Kankemenag kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top