Selamat hari Pers Nasional '' Pers Bebas Demokrasi dan Bermartabat'' 

Oleh Hargianto Laksma TNI (Purn) 
Dt Bagindo Malano Nan Hitam.


Padang- Sejarah panjang penetapan HPN ini tidak terlepas dari Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 1978 di Kota Padang, Sumatera Barat. Salah satu butir keputusannya disepakati menetapkan satu hari bersejarah untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional.

Setelah itu, Presiden Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985, yang menetapkan HPN diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari. Hal ini didasarkan tanggal pembentukan PWI, 9 Februari 1946, yang pada masa Orde Baru satu-satunya organisasi wartawan yang diakui pemerintah. Kemudian, Dewan Pers menetapkan HPN dilaksanakan secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia.

'' Insan pers merupakan Profesi yang amat mulia dan sangat di butuhkan oleh masyarakat negara dan bangsa. Karena Insan Pers membuat masyarakat menjadi paham dan sebagai pintu jendela untuk melihat dunia secara objektif dan transparan'', ucap Hargianto Laksma TNI (Purn) Dt Bagindo Malano Nan Hitam yang di gadang-gadang juga maju pada pemilu serentak tahun 2024  dari dapil III Sumbar (Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi).

Diriny menjelaskan, Profesi sebagai pers amat mulia dan terhormat yang tentu melelahkan bahkan memiliki risiko lahir dan batin. Namun jika di lakukan dengan tulus dan ikhlas tentu hal itu akan menjadi amal ibadah yan terus mengalir sepanjang masa karena informasi yang di berikan adalah  Ilmu bagi pembaca. 

Pers adalah Profesi yang merupakan patner bagi semua institusi dan juga pahlawan bagi negara dan bangsa. Karena berkat insan pers maka Indonesia di akui dunia baik di zaman merebut kemerdakaan maupun setelah merdeka.

Teruslah menyuarakan kebenaran dan informasi yang objektip dan mencerdaskan masyarakat, ungkap tokoh Banu Hampu tersebut.

Dimomen HPN tahun 2023, dukungan serta apresiasi yang tulus kepada para jurnalis/wartawan dan media pers. Kita mendorong pers untuk terus memainkan peran penting dalam masyarakat dan menjadi panduan kehidupan berdemokrasi. Selamat memperingati HPN 2023, tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top