Payakumbuh, SUMATERALINE — Tanpa menunggu waktu lama, setelah menyerahkan bantuan bibit cabe dan pupuk kepada kelompok PKH kelurahan Padang Sikabu, Pj. Walikota bergeser sedikit di wilayah yang sama untuk menyerahkan bantuan kepada anak yang terindikasi Stunting kelurahan Padang Sikabu, kecamatan Lamposi Tigo Nagari (Latina), Jumat (17/2).


Bersama rombongan, Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda sambangi kediaman orang tua dari Novalin Alexa Rabani (3 tahun). Rida Ananda terlihat membawa bantuan berupa susu dan asupan makanan yang bergizi guna mencukupi asupan bagi Novalin.


“Karena susu merupakan nutrisi tambahan yang berguna bagi anak maupun balita untuk mendukung kebutuhan vitamin dan mineral,” ujarnya kepada media setelah penyerahan bantuan yang diserahkan Camat Latina Diki Engla yang didampingi Lurah Padang Sikabu Nuraisyah.


Disampaikan Rida, jika saat ini pemerintah tengah gencar melaksanakan program pencegahan stuting dan kekurangan gizi bagi anak dan balita.


“Perlu adanya kolaborasi bersama, baik Pemerintah, pihak swasta, juga yang terpenting masing-masing keluarga atau masyarakat untuk memperhatikan gizi anak,” tuturnya.


Bantuan yang diserahkan berupa susu dan asupan makanan bergizi tersebut dikatakan Camat Latina Diki Engla didapatkan dari ASN yang berada di lingkup kecamatan Latina.


“Kami mengumpulkan seribu sehari untuk membantu anak Stunting. Dan infak yang terkumpul dari para ASN ini kita belikan untuk asupan yang bergizi dan bervitamin,” beber Diki.


Diki berharap bantuan yang terkumpul itu juga nantinya dapat dikembangkan untuk keperluan bantuan lainnya, sehingga warga di Latina sejahtera dan terhindar dari miskin ekstrim, anak Stunting,” ungkapnya.


Senada dengan orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh itu, Lurah Padang Sikabu Nuraisyah dalam kesempatan mengatakan jika ia tidak henti-hentinya mengajak orang tua anak dari anak terindikasi Stunting untik dapat memaksimalkan pekarangan dirumah agar dapat dikelola untuk menanam sayur dan buah-buahan yang berguna nantinya membantu tercukupnya asupan gizi dan kandungan baik kesehatan lainnya bagi sang buah hati. 


“Dan juga tentunya saya ingin disetiap kegiatan Posyandu yang dihelat sekali dalam sebulan sekali di kelurahan oleh pihak Puskesmas agar kepada orang tua dapat datang guna memantau  perkembangan tumbuh kembang anak, supaya Stunting dapat dideteksi lebih awal, sehingga dapat dilakukan pencegahan langsung,” ajak Lurah tersebut. (Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top