Dalam rangka menyukseskan swasembada pangan nasiona, Babinsa Koramil 04/Sicincin Kodim 0308/Pariaman Serda Hendrizal pada hari ini Selasa tgl, 4 Maret 2023 bersama masyarakat petani padi di wilayah binaan.

Patut kita syukuri kepada Allah SWT, hari ini masyarakat nagari bari panen padi, kata Babinsa

Hal ini diungkapkan oleh Serda Hendrizal usai melakukan Panen Raya yang diiniasi oleh kelompok tani  padi di Areal Sawah Nagari Sicincin Kec. 2x11 enam lingkungan.

Serda Hendrizal mengajak para petani harus bangga dengan profesinya, mengingat sebagian besar lahan di Korong Bari Nagari Sicincin Kec.2x11 enam lingkungan  merupakan lahan pertanian yang luas dan harus dimanfaatkan dengan layak. Untuk mendukung majunya sektor pertanian di wilayah.

Ia juga meminta para petani untuk terus meningkatkan kelembagaan usahanya dengan inovasi serta terobosan-terobosan baru guna meningkatkan kesejahteraan petani.

“Untuk meningkatkan hal tersebut maka mari kita melanjutkan pembangunan pertanian secara bersama-sama dan tetap mengedepankan budaya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya

Serda Hendrizal mengungkapkan konsumsi padi organik yang sehat merupakan salah satu upaya menghindarkan kita dari penyakit yang berasal racun insektisida dari makanan. Sehingga dengan adanya produk pertanian semacam ini dan jika dikembangkan lebih luas lagi, niscaya dapat berdampak baik bagi kualitas konsumsi penduduk.

Sementara untuk Pupuk organik akan dibantu, termasuk alat panen (combine harvester) dan benihnya. Upayakan tanam serentak panen serentak juga. Pertanian organik ini banyak keuntungannya, bisa 3 kali panen.

Ketua Kelompok Tani  berharap kedepan agar dibangun saluran irigasi permanen sehingga pertanian organik ini bisa berkembang.

“Alhamdulillah hasil panen padi organik kita cukup memuaskan. Soal pupuk tidak ada kendala, hanya saja permasalahan irigasi belum lancar yang permanen. Jalan usaha tani juga belum memadai, sehingga biaya angkut padi jadi tinggi, pungkas Babinsa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top