Padang-Peringatan Hari Air Dunia ke-31 Tahun 2023 menjadi rangkaian Road to World Water Forum 2024 dengan tema mengikuti tema World Water Day  yakni “Be The Change You Want To see In The World” atau mempercepat perubahan untuk mengatasi krisis air dan sanitasi dan hari Puncak peringatan pada 16 maret 2023. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melakukan aksi daerah berupa penanaman pohon dan gerakan “Tabung Air dan Cegah Banjir dengan Biopori”.

Peringatan Hari Air Dunia (HAD) ke-31 kali ini, dilaksanakan BWS Sumatera V Padang di Taman Hutan Kota Malvinas. Sekitar 125 bibit  mangga, durian, jambu dan rambutan ditanami dalam kegiatan ini. Selain itu juga dilakukan pemasangan lubang Biopori secara simbolis oleh Kepala BWS Sumatera V Padang. Bersinergi dengan Unit Pelaksana Teknis Kementerian PUPR di Sumatera Barat khususnya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat, juga dilaksanakan sosialisasi sanitasi komunal dalam momentum ini.

“Penanaman pohon yang kita laksanakan ini menjadi upaya kita bersama untuk meningkatkan cadangan air tanah, menahan laju air demi keberlanjutan lingkungan sesuai dengan pesan dan arahan Menteri PUPR. BWS Sumatera V Padang juga telah melaksanakan pembuatan lubang bipori tidak hanya di lingkungan Kantor BWS Sumatera V Padang, tetapi juga dilokasi ini, dan beberapa Kota di Sumatera Barat. Tercatat hingga hari ini sudah 367 lubang bipori yang kita buat dan akan terus ditingkatkan sampai mencapai target pada angka 3700 lubang hingga Desember mendatang” Kata Mochammad Dian Al-Ma’ruf, S.Si, ST,MT menyampaikan dalam sambutannya.

Kedepannya akan terus dilakukan upaya BWS Sumatera V Padang dalam pengelolaan air dan pendayagunaan air dalam rangka mewujudkan kelestarian dan keseimbangan ketersediaan air secara berkelanjutan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. (rls)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top