Lima Puluh Kota, SUMATERALINE -- Meski diguyur hujan dengan intensitas tinggi, ratusan jamaah Masjid Nur Huda Nagari Koto Bangun, Kecamatan Kapur IX  antusias menyambut Tim Safari Ramadhan (TSR) 1 Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (01/04/2023) malam. TSR I Pemkab Limapuluh Kota dipimpin Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo bersama Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Syamsul Mikar, Kepala Kantor Kemenag Irwan, Kepala BAZNAS Limapuluh Kota Yulius, Kepala Bapelitbang Gusdian Laora, Kepala Badan Keuangan Win Hari Endi, Kepala Distanhortbun Witra Porsepwandi, Plt Kadisdikbud Retyanda dan rombongan disambut hangat Wali Nagari Koto Bangun Zarul Kasmi selaku tuan rumah dan Camat Kapur IX Wiko Putra bersama unsur Forkopimca.

Selain memperkenalkan masing-masing anggota TSR I Pemkab Limapuluh Kota, Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dalam sambutannya turut menjawab sejumlah keluhan masyarakat yang dihimpun dan disampaikan oleh Wali Nagari Koto Bangun Zarul Kasmi. Beberapa poin yang disampaikan Wali Nagari dijawab dengan lugas oleh Bupati Safaruddin, diantaranya berkaitan dengan lahan pertanian sawah di Nagari Koto Bangun sesuai data terbaru dari Pemprov Sumbar seluas 214 hektar baru bisa dimanfaatkan 80 hektar, Bupati meminta perhatian khusus Distanhortbun untuk segera berkoordinasi dengan Pemerintah Nagari agar 134 Hektar lahan lainnya dapat dimanfaatkan.

"Berkaitan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang masih terjadi ketimpangan maupun mal data, Bupati telah menginstruksikan kepada nagari agar lebih giat lagi mendata masyarakatnya, karena sesuai aturan, DTKS bisa diperbarui setiap bulan, dan diusulkan oleh Wali  jorong hingga nagari," beber Bupati Safaruddin.

Kemudian dikatakannya, di tahun 2023, kondisi keuangan daerah dalam melaksanakan pembangunan terbatas, namun Pemerintah berupaya untuk melakukan sejumlah pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota melalui APBD dan DAK serta telah melakukan pengajuan permohonan bantuan perbaikan jalan kepada Pemerintah Pusat yang didasari oleh Instruksi Presiden (Inpres) No.3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. "Direncanakan, rehabilitasi Jembatan Pranap akan kami usulkan dalam permohonan Inpres tersebut," ujar Bupati Safaruddin. Tidak hanya itu, Bupati Safaruddin meminta agar Camat, Wali Nagari, dan seluruh elemen masyarakat termasuk PKK dan Guru berkolaborasi mewujudkan seluruh Nagari di Limapuluh Kota bebas dari stunting dan bebas dari kemiskinan ekstrim.

Sebelumnya, Wali Nagari Koto Bangun Zarul Kasmi dalam sambutannya mengapresiasi TSR I Pemkab Limapuluh Kota yang berkesempatan menyambangi Koto Bangun untuk berbuka puasa bersama dan melakukan Safari Ramadhan di Mesjid Nur Huda. "Terakhir kami dikunjungi Tim Pemkab Limapuluh Kota di tahun 2009, dan barulah tahun 2023 ini, orang nomor 1 di Kabupaten Limapuluh Kota kembali menapakkan kaki di Mesjid kebanggaan masyarakat Koto Bangun," ucap Wali dengan penuh semangat. 

Pada kesempatan itu, Bupati Safaruddin menyalurkan dana bantuan senilai Rp.20 juta untuk pembangunan Mesjid Nur Huda dan diterima langsung pengurus mesjid. Tidak hanya itu, TSR I Pemkab Limapuluh Kota turut memberikan bantuan Al-Qur'an kepada Mesjid Nur Huda serta pemberian 10 paket sembako kepada masyarakat Koto Bangun. Kegiatan safari Ramadhan Pemkab Limapuluh Kota di Koto Bangun juga diiisi dengan tausiyah Ramadhan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Irwan. (MFS/Tim Kominfo)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top