Tanah Datar-sumateraline. Com (25 April 2023) 

Bupati Eka Putra secara resmi mbuka "Festival Pesona Kacang Barandang, " Pada satu Event satu Nagari yang sukses dilaksanakan di lapangan bola kaki Bintang Timur Nagari Sawah Tangah Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar pada Selasa (25/4) 
Di kesempatan itu Wali Nagari
Nagari Sawah Tangah Dedi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Eka Putra yang telah membuka secara resmi Festival Kacang Barandang dalam menyukseskan satu Event satu Nagari, juga kepada Wakil Ketua DPRD dan anggota DPRD Tanah Datar, Forkopinca, Camat Pariangan, Kapolsek, Dandramil, undangan lainnya. 

Nagari Sawah Tangah salah satu yang termasuk dalam Kecamatan Pariangan terletak di Kaki Gunung Merapi yang masih aktiv dengan ketinggian lebih kurang 600 meter diatas permukaan laut, luas daerah lebih kurang 521 hektar terdiri dari lima Jorong. 

"Kami mempunyai peninggalan budaya alam yang unik serba 7 memiliki 7 Sungai/7 tepian mandi, dan 7 Bukit, serta memiliki 7 Batu. Semuanya itu selalu kami lestarikan sebagai Icons Nagari Sawah Tangah, " Ujarnya. 

Yang tidak kalah pentingnya sebagai penumpang ekonomi masyarakat secara turun temurun sampai hari ini, mempunyai kebiasaan marandang kacang, yang terkenal dengan sebutan kacang barandang Sawah Tangah. Olahannya nanti di pasarkan ke Pasar yang ada di Kabupaten Tanah Datar. 

"Sawah Tangah juga memiliki potensi alam yang luar biasa dan indah masyarakat ramah yang beradab seperti yang di gambarkan dalam buku, adat salingka Nagari Sawah Tangah, " Katanya. 

Kami selalu berusaha untuk me manfaat potensi yang ada sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sawah Tangah, oleh karena itu kami berharap kepada Bapak Bupati untuk memberikan dukungan dan bantuan dalam pengembangan usaha rumahan ini, sampai Wali Nagari Dedi. 

Sementara itu Samharmen Dt. Ama Basa perwakilan Perantau Sawah Tangah menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Bupati Eka Putra dan tamu yang hadir di pembukaan "Festival Pesona Kacang Barandang" Sawah Tangah dalam menyukseskan Satu Nagari Satu Event. 

Terima kasih Bapak Bupati atas dukungan dan batuan kepada Nagari Sawah Tangah, semoga kegiatan Satu Event Satu Nagari bisa memperkenalkan Sawah Tangah ke daerah lain bisa menarik pengunjung datang Nagari Sawah Tangah dan mengangkat ekonomi masyarakat terutama sekali para pelaku UMKM. 

"Kami atas nama keluarga perantau memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintahan nagari yang telah membuat nagari kita sedemikian rupa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Sawah Tangah," Tuturnya. 

Dan kami dari rantau sudah melihat apa yang sudah di capai dalam pembangunan Nagari, seperti Gedung Serbaguna bisa dipergunakan untuk pertemuan dan segala kegiatan anak-anak muda kita, dan Jalan Lingkaran serta jalan pertanian, kalau dulu kami masyarakat membawa hasil Pertanian dari Sawah tidak bisa memakai kendaraan sekarang sudah bisa, kata Perantau. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Eka Putra, SE. MM menyampaikan apresiasi kepada Nagari Sawah Tangah yang telah menyelenggarakan "Festival Kacang Barandang" dalam menyukseskan satu Nagari Satu Event yang ke empat diselenggarakan pada tahun ini. 

"Kami juga apresiasi kepada anak muda Sawah Tangah yang telah mengemas acara ini dengan apik serapi mungkin terutama dalam mendidik anak sangar tari seperti tari Krosal yang di persembahan kan tadi, nanti akan kita persembahkan di Festival Pesona Minangkabau di Istana Basa Pagaruyung pada penutupan satu Nagari satu Event Nantik," Ucap Bupati Eka Putra.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, anggota DPRD Nurhamdi, OPD terkait, Forkopinca, Camat Pariangan, Kapolsek, Dandramil, Ketua LKAAM Tanah Datar, Wali Nagari se-Kecamatan Pariangan, KAN, BPRN, Ninik Mamak Bundo Kanduang, Perantau, Pemuda/i Sawah Tangah. (007-n) 






0 komentar:

Posting Komentar

 
Top