LIMAPULUH KOTA, SUMATERALINE - Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang ilmu kepemimpinan, puluhan orang guru dan pengurus lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak ((PAUD/TK) se Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota menggelar pertemuan silaturahmi dengan Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2021, Ir.H. Irpendi Arbi, MP, Kamis 13 April 2023.

Kegiatan silaturahmi yang dirangkai dengan kegiatan buka bersama di Lapau Polak Ala, Jorong Kapalo Koto, Nagari Andaleh, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota yang juga dihadiri sejumlah wartawan itu, berlangsung penuh keakraban.

Irfendi Arbi yang hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan silaturahmi dan dialog tentang ilmu pengetahuan dan wawasan bagi puluhan orang guru dan pengurus lembaga pendidikan PAUD/TK se Kecamatan Luak itu, bercerita tentang ilmu pengetahuan dan pola kepemimpinan bagi seorang guru dan pengurus lembaga pendidikan PAUD/TK.

“Menjadi kepada sekolah dan guru termasuk pengurus lembaga pendidikan, tentunya tidak terlepas dari ilmu pengetahuan tentang kepemimpinan. Artinya, dalam sebuah lembaga atau organisasi pasti ada seorang pemimpin yang bertanggung jawab untuk memimpin lembaga tersebut, begitu juga dengan sekolah,” ujar Irfendi Arbi.

Sekolah merupakan organisasi formal yang bergerak di bidang pendidikan. Singkatnya, sekolah adalah lembaga pendidikan. Untuk itu, di dalam sekolah juga terdapat pemimpin yang disebut sebagai kepala sekolah termasuk guru-guru.

Ditakan Irfendi Arbi, efektivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah juga dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan guru. Dengan demikian, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif menjadi hal penting yang patut diperhatikan bagi setiap kepala sekolah termasuk guru serta pimpinan lembaga pendidikan di lingkungan PAUD/TK.

“ Peran kepala sekolah, guru dan pengurus lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas sekolah sangat penting. Artinya, seorang kepala sekolah termasuk para guru harus menciptakan dan mempromosikan visi yang jelas tentang tujuan sekolah, Dengan arti lain, memiliki visi yang jelas dapat membantu semua orang untuk menjadi lebih termotivasi,” papar Irfendi Arbi.

Dan tak kalah pentingnya, ujar Irfendi Arbi, seorang kepala sekolah termasuk pendidik harus memiliki kemampuan untuk terus-menerus memotivasi perubahan, agar dapat menyesuaikan diri dengan zaman yang terus berkembang, sehingga nantinya akan berdampak pada kinerja sekolah dan prestasi anak didik.

Meskipun kegiatan silaturahmi dan dialog tersebut berlangsung singkat jelang dilaksanakannya buka puasa, namun ilmu pengetahuan untuk menambah wawasan tentang ilmu kepemimpinan yang dipaparkan Irfendi Arbi yang tengah mempersiakan diri maju sebagai bakal calon anggota DPR RI Dapil 2 Sumbar dari Partai NasDem itu, sangat bernilai bagi puluhan orang guru dan pengurus lembaga PAUD/TK se Kecamatan Luak yang hadir dalam kegiatan silaturahmi tersebut.

Sementara Ketua Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Luak, Reflita Idrus, S.Pd.I yang mengagas kegiatan silaturahmi dan dialog dengan mantan Bupati Limapuluh Kota itu dalam pidato singkatnya mengucapkan terima kasih kepada Irfendi Arbi yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada puluhan orang guru dan pengurus lembaga pendidikan PAUD/TK se Kecamatan Luak.

“ Semoga paparan ilmu kepemimpinan yang telah diberikan Bapak Irfendi Arbi, berguna untuk menambah wawasan bagi guru dan pengurus lembaga PAUD/TK se Kecamatan Luak untuk meningkatkan dunia pendidikan bagi anak usia dini di Kabupaten Limapuluh Kota, utamanya di Kecamatan Luak.” pungkas Reflita Idrus sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Bapak Irfendi Arbi yang telah meluangkan waktu dan memberikan pemikiran untuk kemajuan pendidikan di daerah ini. 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top