Padang- Setelah tujuh hari berlangsung, sistem one way atau satu arah jalur Padang-Bukittinggi atau sebaliknya resmi ditutup dengan hasil yang memuaskan.

Padahal, sebelumnya opsi perpanjangan pola ini sempat mengemuka karena prediksi volume kendaraan membludak dibanding momen serupa di tahun sebelumnya

Seperti dilansir dari infosbar, Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya mengatakan, penerapan sistem one way berhasil menurunkan angka kemacetan dengan signifikan.

“Alhamdulillah, hasil yang dicapai cukup signifikan dengan menurunkan jumlah kemacetan yang tadinya berjam-jam, sekarang hanya beberapa jam saja,” katanya, Selasa (25/4/2023).

Dijelaskannya, kemacetan jalur (Padang-Bukittinggi) pasti terjadi. Namun dengan adanya one way sistem ini, berhasil mengurangi kemacetan.

Ada beberapa hal yang mendasari pelaksanaan pola one way tak diperpanjang. Salah satu yang paling penting adalah berakhirnya masa cuti lebaran pada Rabu (26/4/2023) ini. Sebagian warga, baik warga lokal maupun warga Sumbar dari perantauan terutama yang berstatus sebagai ASN ataupun swasta yang mudik sudah menjalankan aktivitasnya Rabu ini.

Asumsinya, sebagian pengguna jalan tentunya berkurang hingga kepadatan diyakini juga berkurang karena sebagian dari pemudik sudah balik sejak Senin hingga Selasa malam tadi. Mereka termasuk dalam kelompok arus balik gelombang pertama.

“Kami menyampaikan one way tidak ada perpanjangan dan resmi ditutup. Tapi akan dilanjutkan dengan rekayasa jalan yang dilaksanakan secara situasional oleh para Kasat Lantas di jajaran,” beber Sumando rang Lubuak Basuang ini.

Di samping itu, Hilman mengaku hingga saat ini kendaraan pemudik yang masuk ke Sumbar masih berlangsung. Kelompok ini, ujar Hilman lagi, masuk dalam kelompok arus balik gelombang kedua yang akan bergerak meninggalkan Sumbar di akhir pekan ini, seiring dengan berakhirnya operasi Zebra tahun 2023 ini.

“Hingga saat ini jumlah kendaraan yang masuk ke Sumbar diperkirakan 60 ribu. Mari kita taati peraturan dan semoga pemudik sampai di tujuan dengan selamat,” pungkasnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top