Padang - Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH memberikan materi pembekalan kepada ratusan mahasiswa baru di kampus Universitas Dharma Andalas, Kamis (21/9). Kegiatan tersebut dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Irjen Pol Suharyono mengawali penyampaiannya bahwa keberagaman adalah salah satu wujud kebersatuan, keberagaman memberi keindahan. Mari saling menjaga dan jalin silaturrahmi dengan seluruh lingkungan.

Lanjut Kapolda, kehidupan ini tidak seutuhnya indah, kenyataan dan harapan tidak selamanya singkron, tidak semua keinginan kita akan terwujud. 

"Teruslah berusaha agar kehidupan hari ini lebih baik dari kemarin dan kehidupan mendatang akan lebih baik dari hari ini," sebutnya.

Saat ini kata Kapolda, mahasiswa mengisi kemerdekaan dengan belajar. Banggalah menjadi masyarakat Sumatera Barat. Sumatera Barat terbilang cerdik cindekia, banyak pejuang kemerdekaan dari sumatera barat. 

"Saya yakin mahasiswa mahasiswi di Sumbar baik, bagus, diseleksi dengan cara yang terstruktur serta punya interaksi yang baik di universitasnya," ujarnya. 

Dirinya berpesan agar menjalin hubungan yang baik dengan Polisi, jangan bertemu Polisi sebagai saksi bahkan sebagai tersangka dari sebuah tindak pidana. 

Jauhi narkoba, judi, miras dan jauhi kriminalitas. Jangan sampai ada perbuatan LGBT, jangan sampai ada perbuatan tercela, jangan menjadi seorang pencuri, jauhi semua sifat yang dapat menimbulkan sifat kriminal dan berurusan dengan Polisi. Bertemulah dengan Polisi dalam hal-hal yang baik," katanya. 

Dalam momen tersebut, Kapolda menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan mahasiswa yang telah ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Sumatera Barat. Jadilah mahasiswa mahasiswi yang bermoral tinggi, keimanan dan ketaqwaan yang baik, serta memiliki fisik yang sehat.

"Saya berpesan jagalah keamanan, semua aktivitas akan dapat terlaksana ketika sudah aman, kenali hakikat aman Security, Safety, Surety dan Peace. Keamanan menjadi tanggung jawab kita bersama," ucapnya menambahkan. 

Ia menerangkan, bahwa karier itu tidak dari luar dan karier itu tidak di kantor, tetapi karier datang dari rumah. Untik itu ia meminta jaga keharmonisan keluarga, bagaimanapun keluarga tetap yang utama. Jangan sia-sia kan keluarga dengan alasan kesibukan.

"Pelajari prosesnya, lakukan sesuai kemampuan, selalu cek, ri-cek, cross-cek, last-cek dan final cek. Yakin dan percaya apa yang kita raih akan berguna bagi orang lain, bangsa dan negara," ujarnya. 

"Jadilah mahasiswa dan mahasiswi yang bisa membuat negara ini lebih maju pada saat rekan rekan memegang kendali, gunakan ilmu yang didapat dengan sebaik mungkin," pungkasnya menambahkan lagi.

Dalam kegiatan ini, Kapolda Sumbar didampingi Kabidhukum Polda Sumbar Kombes Pol Nina Febrilinda, SH, Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap, S.Ik, Rektor Universitas Dharma Andalas, dan para dosen.(*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top