Tanah Datar-sumateraline. Com (19 September 2023) 

Lomba masak olahan Ikan ini  tujuannya untuk kecintaan lebih ke ibu-ibu rumah tangga masing-masing, menghadirkan  setiap hari menu Ikan di rumah apa lagi dirumah tersebut ada anak bayi, karena kita tau didalam Ikan itu sendiri ada terkandung 0mega 6 Omega 3 Portein yang di butuhkan untuk pertumbuhan Otak anak. 
Hal itu disampaikan Katua pengurus Porikan Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra yang juga Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Datar didampingi Ketua GOW Ny. Patty Richi Aprian usai mencicipi menu berbagai olahan dari masakan Ikan di Gazebo Indojolito Batusangkar Selasa (19/9). 

Ny. Lise, mengakatakan, lomba masak serba Ikan ini di bawah Dinas Pangan dan Perikanan, lomba ini di selenggarakan dari 14 Kecamatan, peserta nya  ibu-ibu PKK Kecamatan untuk menambah motivasi mereka agar bisa berkreasi makanan lewat Ikan. 

"Jadi bagaimana kita bisa menghadirkan makanan Ikan dengan ber priasi, Ikan Gulai, Ikan Asam Padeh sudah biasa, sekarang bisa di perbanyak olahannya seperti naget, kue talam dari Ikan, bubur dari Ikan agar merangsang nafsu makan si anak kita perkenalkan diusia dini, "ucapnya. 

Semetara itu Kadis Pangan dan Perikanan Tanah Datar Drs.Suhermen, mengatakan 
lomba memasak serba ikan tingkat Tanah Datar ini ada
3 kategori yang di perlombakan yang pertama. Lomba Kudapan Berbahan Ikan, Kedua. Olahan Bayi dari ikan, ketiga. Hidangan rumah tangga. 

"Selama Covit kemarin kegiatan dari tingkat Nasional, Provinsi sampai ke Kabupaten banyak yang terhenti dan sekarang kita akan lanjutkan kembali, sehingga dengan kegiatan tersebut berharap masyarakat kita ibu hamil, bayi kurang gizi dapat terhindar dari Stunting," Ujar Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Suhermen. 

Baru tahun kemaren di galakan lagi kegiatan seperti ini, sebenarnya tujuannya adalah bahwa untuk olahan ikan itu bisa ber aneka ragam, tergantung kreatiftas inovasi dari masyarakat, supaya nanti keluarga tidak bosan-bosan memakan ikan. Kalau hanya menunya itu-itu saja tentu membosankan, tambah Suhermen.

Dalam lomba masakan berbahan baku ikan tersebut, juara 1 di raih TP PKK Kecamatan Sungai Tarab, Juara 2 TP PKK Batipuh Selatan dan Juara 3 TP PKK Lintau Buo. Disamping memperoleh hadiah dari panitia, juara juga diberikan tambahan uang transport dari Bupati Tanah Datar, masing - masing 500 ribu (*/007-n). 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top