Patamuan-Guna meningkatkan kewaspadaan dalam menjalani cuaca ekstrim yang masih berlangsung hingga sekarang ini, melalui rutinitasnya yaitu Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah binaan, Babinsa Koramil-03/SS Kodim 0308/Pariaman Sertu Ermansyah Putra imbau warga agar tetap siaga dan waspada.

Hal itu disampaikan Babinsa melalui Komunikasi Sosial bersama warga Nagari binaannya yang bertempat di Nagari Kampuang Tanjuang Koto Mambang Sungai Durian (KKS) Kecamatan VII Koto Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (21/09/2023).

Kondisi cuaca yang cenderung berubah-ubah dalam sesaat yang terjadi mengakibatkan potensi banjir serta tanah longsor. Maka Babinsa Koramil-03/SS ini aktif turun kewilayah dalam mengoptimalkan pelaksanaan komsosnya untuk mengantisipasi dan mengingatkan warga agar lebih waspada dengan kondisi alam saat ini.

Menurut dia, dalam kondisi cuaca yang ekstrim saat ini, dapat menimbulkan berbagai musibah, seperti halnya bencana banjir, tanah longsor dan terjadinya pohon tumbang, karena curah hujan yang tinggi disertai angin kencang.

“Tidak hanya itu, cuaca seperti ini juga dapat menyebabkan kemunculan penyakit. Namun hal itu dapat kita cegah yaitu dengan melakukan pembersihan sungai maupun selokan, agar dapat mengalirkan air dengan baik,”ucap Sertu Ermansyah dalam interaksinya dengan warga tersebut.

Sertu Ermansyah juga menambahkan, bahwa sebagai Babinsa dirinya mempunyai tugas dan tanggung jawab mengantisipasi terjadinya hal buruk terhadap warganya serta melindungi keselamatan warga binaannya.

“Semoga dengan himbauan ini dapat menggugah kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama sungai maupun selokan karena fungsinya sangat besar untuk mencegah banjir,”tutup Babinsa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top