Limapuluh Kota, SUMATERALINE --
Pelajar SMAN 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Intan Gia Pertiwi, mengukir prestasi di pentas nasional. Intan berhasil meraih medali perunggu cabang olaharaga pencak silat,  dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) di Jakarta, pekan lalu.

Prestasi ini, membuat Intan disambut bagaikan pahlawan. Begitu pesawat yang ditumpanginya dari Jakarta mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Sabtu lalu (16/9/2023), Intan langsung disambut oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin)  Wilayah IV Sumbar (Payakumbuh, Limapuluh Kota, Tanahdatar) Syafrudin SPd MM.

Syafrudin menanti Intan bersama Kabid SMA Dinas Pendidikan Sumbar Mahyan SPD MM dan Plt Kepala SMAN 1 Situjuah Limo Nagari Fetri Elfada MPd. "Kita bangga dengan prestasi Intan yang sudah mengharumkan nama Sumbar di pentas nasional," kata Syafrudin diamini Fetri Elfada.

Sehari setelah disambut di BIM, Intan pada Senin lalu (18/9/2023), juga disambut di kantor Camat Situjuah Limo Nagari. Dari kantor camat, Intan diarak keliling Situjuah, dengan menggunakan mobil patroli Polsek Situjuah Limo Nagari dan mobil SMAN 1 Situjuah Limo Nagari.

"Dari kantor camat Situjuah Limo Nagari di Simpang Kubang, Situjuah Banda Dalam, Intan kita arak menuju kampung halamannya, Nagari Situjuah Ladang Laweh. Setelah itu, terus ke Nagari Situjuahbatua dan finish di SMAN 1 Situjuah Limo Nagari,: kata Fetri Elfada, Plt Kepala Sekolah yang juga putri kebanggaan Situjuah itu.

Menurut Fetri Elfada, atak-arakan yang digelar ini bukan sekedar seremonial belaka dan wujud syukur atas prestasi Intan. Namun, merupakan bagian dari motivasi terhadap generasi muda Situjuah, khususnya para pelajar SMAN 1 Situjuah Limo Nagari, untuk bisa mengukir prestasi.

"Kita di SMAN 1 Situjuah Limo Nagari menyupport penuh, para peserta didik atau pelajar kita, untuk terus berprestasi. Mengasah bakat, minat, dan keterampilan mereka masing-masing. Sehingga mereka nantinya menjadi generasi yang punya talenta dan karakter kuat," kata Fetri Elfada yang akrab dipanggil Ee.

Intan Gia Pertiwi sendiri meraih medali perak pencak silat dalam 02SN tingkat nasional di Jakarta, setelah sebelumnya meraih medali emas dalam 02SN tingkat provinsi di Padang. Intan lahir di Nagari Situjuah Ladang Laweh, 23 Juni 2005, dari hasil pernikahan pasangan suami istri Don Furbay alias Don Garong asal Padangkuniang, Situjuahgadang, dan Mia Ratun Nofia, asal Situjuah Ladang Laweh.

Sebelum meraih medali perak 02SN nasional,  Intan yang pernah mengecap pendidikan di Pondok Pesantren Al-Makmur Tungka dan SDN 01 Situjuah Ladang Laweh, sudah berkali-kali meraih medali dalam kejuaraaan pencak silat. Seperti, juga pernah meraih medali emas Championship Bertuah Cup 1 Pekanbaru, Riau.

Tidak itu saja, Intan yang saat ini menimba ilmu di SMAN 1 Situjuah Limo Nagari, juga meraih medali perak Kejurda Pencak Silat Sumatara Barat 2023. Kemudian, medali perak Kejurda Mungka Cup 1 dan medali perak Kejurda Muhapa Cup 1 SMP Muhammadiyah Payakumbuh. (***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top