Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Kodim 0308/Pariaman Serda Rukaat Tanjung melaksanakan pemantauan kegiatan perbaikan saluran irigasi untuk persawahan sepanjang ± 1000 meter yang berlokasi di Korong Toboh Rawang Nagari Toboh Gadang Barat Kec. Sintoga Kabupaten Padang Pariaman, Jum at (26/01/2024).

Babinsa Serda Rukaat Tanjung seizin Danramil-05/LA Kodim 0308/Pariaman Kapten Czi Delri Putra mengatakan, untuk mengoptimalkan dan mendukung kesuksesan program swasembada pangan yang di canangkan oleh pemerintah, dibutuhkan sarana dan
prasarana yang baik bagi petani, salah satunya adalah sarana jaringan irigasi agar pasokan air ke areal pertanian dapat berjalan maksimal.

Perbaikan saluran irigasi yang dilaksanakan di Nagari Toboh Gadang Barat inilah salah satunya, karena kondisi jaringan irigasi banyak mengalami kerusakan dan penyumbatan (penyempitan) yang terjadi karena adanya materiil yang terbawa oleh air dari hulu serta kondisi tanah yang labil sehingga menyebabkan runtuhnya sisi jaringan irigasi, dengan adanya perbaikan ini diharapkan para petani dapat maksimal dalam menggarap sawahnya kembali.
samping itu, setelah perbaikan ini Babinsa mengharapkan kepada petani agar melaksanakan pemeliharaan secara berkala sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih berat. “Mari kita manfaatkan dan pelihara agar jaringan irigasi ini tetap berfungsi dengan baik”, ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Toboh Gadang Barat melalui Stafnya memberikan apresiasi kepada Babinsa karena telah membantu pemerintah Nagari dalam mengawal kegiatan yang berkaitan dengan program swasembada pangan di wilayahnya.

Dia berharap kerja sama yang sudah di bangun ini agar tetap di pertahankan. “Bila perlu kita tingkatkan untuk kemajuan Nagari Toboh Gadang Barat, dalam mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top