Kabupaten Solok - Dipimpin Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar Tim Safari Ramadhan kunjungi Mesjid Raya Baiturrahman Alahan Panjang, Senin, (1/4/2024).

Turud mendampingi Sekda Kabupaten Solok Medison, S. Sos, M. Si, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Zulkifli, S.Ag, MM, Staf Ahli Bupati, Asisten I  Drs. Syahrial, MM, Asisten II Deni Prihatni, ST, MT, Asisten III Editiawarman, S.Sos, M.Si,  Kepala OPD Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kab. Solok,  Camat Lembah Gumanti  Zulbakti,  Forkompimcam, Walinagari Alahan Panjang Dahri, SH,  Walinagari se Kecamatan Lembah Gumanti,  Kepala KAN dan BPN Alahan Panjang, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang serta Tokoh-tokoh serta Masyarakat Alahan Panjang dan Pengurus Masjid Raya Baiturrahman Alahan panjang  Yulisman.

Sambutan Pengurus Masjid Yulisman, Ucapan terimakasih kepada Bapak Bupati beserta Tim Safari Ramadhan Kabupaten Solok yang telah menjadikan Masjid ini menjadi tujuan pada agenda safari Ramadhan pada tahun ini. Kedatangan Bapak Bupati beserta rombongan membawa bantuan untuk masjid ini, dan kami berharap kedepannya terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Solok.

Kami melaporkan pembangunan masjid ini sampai saat sekarang itu berupa pembangunan tempat sholat di bagian belakang dan pembangunan untuk wc, kami sangat membutuhkan untuk kelanjutan pembangun wc di masjid kami ini karena wc di masjid kami ini tidak memiliki sekat sekat dan kami juga memohon bantuan untuk pembangunan pagar di sekeliling masjid serta pengecoran halaman masjid, ujarnya.


Sementara Arahan Bupati Solok, Alhamdulillah ini merupakan malam ke 22 bulan Ramadhan, tak terasa waktu berjalan semoga semua amalan yang telah kita kerjakan dapat bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

" Ramadhan merupakan bulan yang penuh Rahmat dan Ampunan dari Allah SWT, untuk itu saya mengajak mari bersama-sama kita berlomba-lomba dalam mengerjakan amal kebaikan, Insyaallah apa yang kita lakukan akan dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT", pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Solok pada Bulan Ramadhan rutin melaksanakan Safari Ramadhan dalam rangka berkunjung ke Nagari-Nagari menjalin hubungan silahturahmi bersama masyarakat Kabupaten Solok. Alahan Panjang ini akan kami jadikan tujuan wisata yang ada di Kabupaten Solok, kami menghimbau kepada seluruh tokoh masyarakat agar bisa menerima wisatawan dengan baik, jangan sampai ada huru hara dan keributan di tempat kita ini, paparnya.

Bersama dengan Solok Super Tim kami bercita cita ingin menjadikan Kabupaten Solok ini menjadi tempat wisata, bukan hanya tempat wisata biasa tapi kita akan menjadikan Kabupaten Solok ini tempat wisata yang religius, untuk itu kami akan membuat surat edaran agar setiap pegiat tempat wisata di Kabupaten Solok ini agar betul betul bisa menjaga tempat kita agar tempat kita tidak menjadi sarang maksiat bagi orang orang, katanya.

Kami juga dalam setiap kunjungan Safari Ramadhan ini kita senantiasa membawa bantuan, pada malam ini Pemerintah akan memberikan bantuan sebesar 10 Juta rupiah untuk dipergunakan sesuai kebutuhan-kebutuhan dari Mesjid yang kita cintai ini, ungkapnya.

Dirinya menjelaskan terkait permintaan pengurus masjid ini, pada perubahan anggaran akan kita akan anggarkan pengecoran halaman masjid, tapi dilakukan secara swadaya masyarakat agar anggaran yang kita dapatkan bisa digunakan secara maksimal, Dan untuk 38 orang anak yatim akan diberikan bantuan berupa uang tunai oleh Baznaz Kabupaten Solok, Dan seluruh Garim di Kabupaten Solok akan kita berikan perlindung BPJS Kesehatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Tausiyah Agama oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok dengan tema Amalan amalan yang membawa ke surga ialah jaga wudhu dan sholat sunnat wudhu 2 rakaat serta selalu dalam keadaan suci dan bersedekah walaupun sedekah itu kepada binatang

Diakhir kunjungan Bupati menyerahkan bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok berupa Uang sebesar Rp.10.000.000 dan masing masing 10.000.000 juga untuk 3 Masjid dan Mushola di Nagari Alahan Panjang juga ada santunan JKM dari BPJS Kesehatan kepada ahli waris.

Perlindungan BPJamsostek bagi gharin mesjid merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian Bupati dan Pemerintah Kab Solok sesuai kebutuhan rakyat. 
Terlebih sudah ada bukti salah satu gharin mesjid atas nama alm. Ramiyus warga Nagari Katialo Kec. X Koto Diatas yang telah terdaftar sebagai peserta selama 5 bulan dan meninggal dunia pada bulan Mei 2023 , dan ahli waris telah mendapatkan santunan manfaat BPJamsostek sebesar  Rp. 42.000.000.

Selain itu juga ada bantuan berupa sarung dari Bank Nagari untuk keperluan Masjid

Usulan : 
- Keltan Baiturrahman : Cultivator 
- Keltan Tuah Sakato : Cultivator
- Keltan Family Saiyo : Cultivator.
- Jorong Batang Hari : Perbaikan Jalan Kabupaten. (Rilis)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top