Tanah Datar-sumateraline. Com (22 April 2024) 

Pendaftaran dan penjaringan Bakal Calon (Balon) kepala daerah Tanah Datar Periode 2024-2029 resmi di buka hari ini di sekretariat kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Tanah Datar, Senin (22/04). 
Hal ini di sampaikan langsung oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tanah Datar, Nurhamdi Zahari Dt. Nan Bapayung Ameh dan Satuan Tugas Pemilihan kepala daerah (Satgas Pilkada) Demokrat pada sesi wawancara dengan Media ini. 

"Sesuai dengan arahan dari DPP Partai Demokrat, hari ini secara resmi kita buka pendaftaran dan penjaringan Balon untuk kepala daerah, walaupun sebelumnya kita juga sudah ada berkomunikasi dengan seluruh partai terkait situasi untuk masalah penjaringan ini. 

Namun secara administrasi sesuai dengan arahan DPP dan DPD, tentu secara resmi kita membuka dan mengisi beberapa hal secara administrasi sesuai dengan yang sudah di arahkan," ujar Nurhamdi Zahari.

"Ada beberapa syarat yang harus di penuhi oleh Balon tersebut antara lain:
1. Pendaftaran dan pengembalian dokumen mulai dari tanggal 22 April sampai 30 April 2024.
2. Penelitian berkas Pencalonan, 22 April sampai 1 Mei 2024.
3. Sosialisasi dan survey popularitas dan elektabilitas calon, 2 Mei sampai 24 Juni 2024.
4. Uji kompetensi kelayakan dan kepatuhan (fit and peoper test), 2 Mei sampai 30 Juni 2024.
5. Pengusulan surat tugas ke DPP, 2 Mei sampai 30 Juni 2024.
6. Pengajuan usulan calon, 1 Juli sampai 25 Agustus 2024.
7. Penetapan calon oleh DPP, 1 Juli sampai 25 Agustus 2024.
8. Pendaftaran ke KPU, 27 Agustus sampai dengan 29 Agustus 2024.
Itu adalah beberapa tahapan-tahapan yang harus di lalui oleh calon tersebut," lanjutnya.

Ketika ditanya tentang kader Demokrat yang juga saat ini menjabat sebagai Bupati Tanah Datar untuk peluangnya ke depan, Nurhamdi Zahari menjelaskan bahwa peluang itu selalu terbuka bagi siapa saja, apalagi untuk Eka Putra.

"Bapak Eka Putra itu adalah sebagai Wakil Bendahara Umum DPP Partai Demokrat, sebagai kader utama dan kebetulan saat ini Eka Putra menjabat sebagai Bupati Tanah Datar, tentu peluangnya sangat besar. Tapi tidak tertutup kemungkinan kita menjaring dan membuka ruang bagi siapa saja, ini tentu keputusannya nanti ada di DPP Partai Demokrat," tutur Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tanah Datar tersebut.

Sementara ini, untuk komunikasi tentang calon wakil kepala daerah memang sudah ada secara lisan yang di ajukan oleh beberapa partai lain kepada Demokrat, namun secara resmi kita akan menunggu pendaftarannya, karena di sini ranahnya kita buka ruang untuk itu. 

"Kita akan melihat nanti potensi, kredibilitas serta hasil survei calon tersebut seperti apa," sambung Nurhamdi Zahari.

Terakhir, Nurhamdi juga menjelaskan bahwa untuk mengusung kepala daerah dan wakil kepala daerah, kita membutuhkan tiga kursi agar bisa memenuhi kuota persyaratan, karena saat ini perwakilan legislatif Demokrat Tanah Datar sudah ada empat kursi di DPRD Kabupaten Tanah Datar.

"Kita butuh koalisi tiga kursi lagi dan itu sudah kita lakukan dengan berkomunikasi dengan beberapa partai yang Insyaallah tentu akan kita coba lagi lebih intens dalam rangka untuk memenuhi kuota yang tujuh, tapi tidak tertutup kemungkinan lebih daripada itu untuk bisa mendukung karena kita berharap makin banyak mendukung tentu peluangnya semakin besar," pungkas Nurhamdi Zahari.(tim) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top