Tanah Datar-sumateraline. Com (10 Mei 2024) 

Ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Eka Putra, SE.MM bersama Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dan jajaran OPD terkait beserta Forkopinda yang telah memberi support atas terlaksananya kegiatan Seminar Internasional Minangkabau LITERACY Festifal 2 (IMLF). 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Seminar IMLF Mery Eliza, S.Pd di hadapan perwakilan  17 Negara asing yang diselenggarakan di Gedung Nasional Suri Maharajodirajo Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar Jum'at (10/05) 

Dan terimakasih juga kepada para delegasi the. Second Internasional Minangkabau Literacy Festival, ketua satu pena Sumbar, tamu undangan, invites speaker dan seluruh peserta yang hadir pada hari ini. 

"Saya merasa senang dan bangga dengan kehadiran  17 negara asing,  delegasi dalam dan luar negeri serta kehadiran lebih kurang 1000 guru yang peduli akan pentingnya literasi dan budaya untuk kesejahteraan bersama terutama dalam dunia pendidikan, "ucapnya. 

Kegiatan ini terdiri dari 5 hari dan dua hari dipusatkan Tanah Datar karena tanah datar merupakan pusat peradaban Minangkabau yang memiliki budaya dan kearifan lokal. Hari pertama atau hari ini merupakan seminar internasional dengan menghadirkan lebih kurang 1000 orang guru, dengan 10 pembicara dalam dan luar negeri,  bazar buku dan UMKM, serta makan bajamba di indo jelito .Dengan harapan kita semua mendapatkan ilmu yang mendalam dari para ahli,  presentasi inspiratif  yang membawa dampak positif bagi dunia pendidikan dan kebudayaan.

Di hari kedua sabtu  kita akan mengadakan jelajah budaya alam Minngkabau dengan melihat pacu jawi.dan juga pagelaran budaya yang akan dilakukan di cinduomato.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh satu pena Sumbar yang berkolaborasi dengan pihak terutama dukungan dan fasilitasi dari pemerintah daerah terutama bupati Tanah Datar beserta bunda literasi.

Terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini diadiknus, Budpora, perkerin, Kominfo dan selueuy OPD dalam jajaran pemerintah kabupaten Tanah datar serta SMKNI Padang atau SMKN 7,hingga para sponsor yang telah mendukung kegiatan ini. 

Sekali lagi, terima kasih atas partisipasi dan dukungan Anda semua. Mari kita mulai perjalanan ini dengan semangat yang tinggi dan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan bersama. Terima kasih, tuturnya. 

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra di sambutan nya menyampaikan, LITERACY bukan hanya kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga tentang pemahaman budaya kita dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kesejahteraan diri sendiri, negara kita juga dunia dalam era globalisasi ini. 

"Leteracy dan pemahaman akan budaya semakin penting untuk menjaga integritas kita sebagai bangsa serta untuk memastikan bahwa setiap orang mempunyai akses yang sama terhadap pengetahuan dan peluang, 'ucap Eka Putra. 

Melalui Kedinasan ini kita memiliki kesempatan untuk bertukar gagassan, berbagi pengetahuan dan inspirasi satu sama lain instan bersaudara untuk meningkatkan upaya Literas dan pelestarian budaya, selain berdiskusi tentang dunia Literas melalui seminar ini tentunya para peserta akan lebih memahami budaya Minangkabau berbagai suku di Sumatera Barat, sampai Bupati Eka Putra. (007-n) 




0 komentar:

Posting Komentar

 
Top