Tanah Datar-sumateraline. Com (02 Mei 2024) 

Pemerintah Nagari Tanjuang Kecamatan Sungayang melahirkan progam Inovasi yang dinamakan Sistim Informasi dan Pelayanan oleh Nagari (SIMPONI) di Ujung Jari. 
Program ini dilaunching Bupati Eka Putra pada Kamis (02/05) di halaman Kantor Wali Nagari. 

Wali Nagari Tanjuang Ridwan Amri menyampaikan, peluncuran program inovasi SIMPONI di Ujung Jari untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Nagari Tanjuang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. 

Dengan program ini akan diberikan kemudahan akses data, pengelolaan data yang efesien, pemantauan perkembangan seluruh sendi kebutuhan masyarakat dengan mengedepankan prinsip efesien, efektif dan transparan. 

Harapan selain mempermudah segala kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan pelayanan, SIMPONI juga menjadi ikon Nagari Tanjuang yang nantinya juga bisa diadopsi nagari lainnya di Tanah Datar. 

"Seiring perkembangan, nantinya program inovasi ini akan terus kita sempurnakan dengan kemudahan lainnya, seperti tanda tangan digital, hadir dalam playstore sehingga bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Dan bagi nagari lain yang tertarik kami akan senang hati membagi ilmu dan membantu," tukasnya. 

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan apresiasi dan rasa senangnya atas program inovasi yang digagas Nagari Tanjuang. 

Luar biasa, program inovasi ini memberikan bukti Pemerintah Nagari Tanjuang yang dipimpin Wali Nagari memiliki tekad dan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya, terutama dibidang informasi dan pelayanan, ucap Eka Putra. . 

Dikatakan Bupati, program Inovasi diharapkan mampu bersinergi dengan Program Pemerintah Daerah dengan memberikan informasi dan data yang terukur dan akurat.

Saya berharap dalam SIMPONI juga menyediakan data dan informasi mendukung Program Unggulan Kabupaten, seperti berapa Hafiz/hafizah, berapa peserta BPJS ataupun tak punya BPJS, berapa yang sudah menikmati program Bajak Sawah Gratis, bahkan informasi tentang Program Satu Nagari Satu Event, pesan Eka. 

Dikatakan lagi, dengan Program Inovasi SIMPONI ia berharap tidak ada masyarakat yang tidak terlayani berobat karena tidak punya uang atau BPJS, tidak ada anak-anak yang putus sekolah karena ketiadaan biaya dan lain sebagainya. 

Karena Tanah Datar hanya memiliki 2 sektor utama yang terus dikembangkan yakni pertanian dan pariwisata, kita terus mendorong agar anak-anak Tanah Datar yang hebat melalui Program Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah serta menyediakan berbagai beasiswa pendidikan bahkan untuk masuk perguruan tinggi. 

"Kita juga sudah luncurkan Program Berobat Gratis di RSUD M. Ali Hanafiah untuk masyarakat tidak mampu ataupun yang tidak memiliki BPJS," sampainya. 

Turut dihadiri anggota DPRD Khairul Abdi, Kadis Kominfo Yusrizal, Kadis PMDPPKB Abdurahman Hadi, Camat Sungayang Narti, bersama Forkopimca Sungayang, Ketua FKWN, beberapa Wali Nagari di Tanah Datar, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (**) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top