Tanah Datar-sumateraline. Com (01 Juni 2024) 

Data dari Dinas Pertanian bulan April 2024 yang terdampak banjir bandang Galodo Sawah 90 hetar, lahan pertanian seluas 412 hetar yang tertimbun oleh material longsor baik itu pasir maupun batu.

Hal tersebut dikatakan Kadis Pertanian Tanah Datar Sri Mulyani kepada Media ini di Posko terpadu Gedung Indo Jolito Batusangkar pada Sabtu (01/6/24) 

Saat ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian ada anggaran untuk reklamasi lahan pertanian dan anggaran itu sedang pergeseran yang mana reklamasi itu di janjikan Bapak Menteri adalah sebanyak 10 Miliyar untuk Sumatera Barat. 

Bisa untuk Tanah Datar, Padang Panjang dan Agam Bukittinggi, untuk jaringan irigasi berdasarkan data kami di  Dinas Pertanian yang tersiar itu ada kurang lebih 72 unit yang mengalami kerusakan. 

Kalau hitungannya misalkan 500 hetar kali sekian ton untuk penurunan produksi, karena lahan itu sawah semuanya, insyaallah nanti akan dikeluarkan material yang menimbun itu kemudian kita daftarkan lagi bidang sawahnya dibentuk lagi Pematangnya sudah itu baru di olah jadi sama dengan sawah baru kembali jadinya. 

"Yang akan melakukan Kementerian Pertanian itu yang dijanjikan Bapak Menteri pada saat beliau ada kunjungan," Ujarnya. 

Sekarang ini Fakultas Unand merasakan simpatik kepada petani amanatnya beliau ingin bertemu dengan petani, kita hadirkan mana yang terdekat saja karena mendadak waktunya. Jadi yang datang itu alumni Pertanian Universitas Andalas Padang,kata Kadis Pertanian Sri Mulyani.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top