Tanah Datar -  Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo secara resmi menutup program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 tahun 2024 di wilayah Kodim 0307/Tanah Datar, bertempat di Lapangan Amphibi Sungai Tarab, Kec. Singai Tarab, Kab. Tanah Datar, pada Jumat (7/6/2024). 

Panglima Kodam I/BB dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Korem 032/Wirabraja mengatakan bahwa, program ini merupakan bentuk operasi Bhakti yaitu operasi militer selain perang (OMSP) dengan menentukan sasaran fisik yang sudah sesuai dengan ketentuan yang ada dan mempertimbangkan prioritas kebutuhan yang sangat diperlukan masyarakat. 

"Hal ini diwujudkan dengan cara membantu pemerintah dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya. 

Dalam TMMD ke-120 ini, selain melakukan pembangunan secara fisik dan non fisik juga melaksanakan pembangunan berupa program unggulan Kasad meliputi TNI manunggal air, Pembanguanan RTLH, Penurunan stunting, penanaman mangrove serta program ketahanan pangan guna mengoptimalisasi lahan pertanian dan pompanisasi.

"Kita harapkan masyarakat dapat mempererat dan menjalin hubungan serta bisa mengatasi kesulitan dan tantangan secara bahu membahu bersama-sama. Saling memupuk persatuan gotong royong agar kemanunggalan TNI rakyat selalu terjaga dan terbina," ungkapnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0307/TD Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi selaku Dansatgas TMMD ke-120 menyampaikan bahwa TMMD dilaksanakan dalam rangka membantu Pemda Kabupaten Tanah Datar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Dansatgas juga menjelaskan berbagai sasaran yang telah dicapai selama pelaksanaan TMMD Ke-120. “Kami berhasil menyelesaikan pembangunan fisik seperti pembukaan jalan baru sepanjang 4.460 Meter dengan lebar 6 meter, pembuatan gorong-gorong baja 4 titik dan merehap 6 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta beberapa kegiatan non fisik berupa penyuluhan Bela negara,  penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan KB dan Kesehatan, penyuluhan stunting, penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan”, ujarnya.

Selanjutnya, “dalam kegiatan TMMD kali ini melibatkan 190 orang personel yang terdiri dari 150 orang dari Satgas TMMD dan 40 orang dari masyarakat setiap harinya”, jelas Dansatgas.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eko Putra saat menyampaikan sambutannya mengucapkan terima kasih lantaran telah memilih Tanah Datar sebagai saalah satu lokasi dilaksanakannya TMMD ini. 

"Terima kasih kepada seluruh jaharan TNI yang ikut menyukseskan kegiatan TMMD di lokasi Koto Tuo Tanah Datar ini. program ini tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat," tuturnya lagi. 

Usai pelaksanaan penutupan, Danrem 032/Wbr didampingi Bupati Tanah Datar dan Dansatgas beserta rombongan meninjau lokasi RTLH, pembukaan jalan baru dan dilanjutkan dengan penanaman pohon.

Kegiatan TMMD ini dihadiri juga oleh Sekda Provinsi Sumbar, Dirut PT. Semen Padang, Para Kasi Korem 032/Wbr, Kapolres Tanah Datar, Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan tamu undangan lainnya.(Penrem032)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top